Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Sambal Linkung | Cara Membuat Sambal Linkung khas Ogan Komering Ilir | Kompilasitutorial.com

Kompilasitutorial.com
~ Sambal merupakan menu andalan masyarakat indonesia, tanpa adanya sambal maka suasana makan pun akan terasa kurang mengasyikkan. oleh karena itu, sambal merupakan menu pendamping nasi yang tentunya harus ada di setiap makan. sambal ini tidak mengenal waktu jika sudah berurusan dengan lidah masyarakat indonesia, entah itu pagi hari, siang hari atau malam hari. tiada sambal tiada ada nikmatnya makan, oleh karena harus ada sambal di hidangan meja makan.

Berbicara mengenai sambal, sambal biasanya terbuat dari cabai yang super pedas. untuk namanya mungkin berbeda-beda dan bahannya juga hampir sama yaitu cabai yang di uleg. ada juga yang menambahkan tomat untuk sambalnya dan masih banyak lagi cara membuat sambalnya.

Di setiap daerah pasti berbeda nama sambalnya, ini ada sambal yang unik dari daerah ogan komering ilir yang mempunyai kota Kayu agung yaitu sambal linkung. sambal linkung ini unik di karenakan terbuat dari bahan ikan, ikan disini yang di pakai bukan sembarang ikan melainkan ikan gabus. anda pasti tahu ikan gabus serta manfaatnya bagi tubuh anda. selain dengan cita rasa yang nikmat, ikan gabus ini juga mempunyai segudang manfaat bagi tubuh manusia. ikan gabus ini di percaya juga bisa memulihkan luka pasca operasi.

Cara pembuatan sambal linkung juga sangat mudah, bukan berarti mempunyai bahan utama dari ikan gabus itu terasa sulit. biasanya ikan gabus itu di goreng dan di bikin sayur. di ogan komering ilir ini, ikan gabus di buat sambal linkung. sambal linkung ini mempunyai cita rasa yang sangat enak, anda pasti ketagihan jika sudah mencicipi sambal linkung ini. sambal ini mempunyai bentuk seperti serundeng, adapula yang menyebutnya dengan abon. apapun namanya, sambal linkung tetap menjadi menu andalan masyarakat OKI. untuk cara membuat sambal linkung bisa anda simak resepnya di bawah ini 

Resep sambal linkung
bahan:
-1 Kg daging ikan gabus yang sudah direbus dan dihaluskan
-1,5 Ltr santan
-1 Kg bawang merah diiris tipis
-15 Lbr daun jeruk
-Garam
-Gula

Bumbu yang dihaluskan : 
-Kunyit
-Lengkuas
-5 Btg Sereh
-5 Buah Cabai merah keriting
-1 Sdm Ketumbar (disangrai)

Cara memasak Sambal Lingkung : 
1. Kukus ikan sampai matang, angkat lalu suwir-suwir
2. Haluskan bumbu yang sudah disiapkan
3. Sangrai kelapa sampai kecoklatan
4. Campur santan, bumbu halus, sereh, daun salam dan daun jeruk
5. Tambahkan daging ikan yang sudah disuwir-suwir dan kelapa sangrai
6. Aduk rata dan masak sampai matang dengan api kecil
7. Terus aduk sampai kering
8. Simpan sambal linkung ke toples kedap udara

sekarang anda bisa membuat sambal linkung sendiri di rumah, sajikan menu nikmat ini ke setiap menu makanan yang anda hidangkan untuk keluarga anda. jangan lupa untuk follow agar anda tidak ketinggalan resep terbarunya. selamat mencoba, semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk share.

Post a Comment for "Resep Sambal Linkung | Cara Membuat Sambal Linkung khas Ogan Komering Ilir | Kompilasitutorial.com"

close