Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Kue Lumpang | Cara Membuat Kue Lumpang khas Lahat | Kompilasitutorial.com

Kompilasitutorial.com
~ Jika kita berbicara mengenai makanan khas yang ada di negara indonesia maka tidak ada habisnya di karenakan negara indonesia mempunyai banyak suku, budaya dan hal itulah yang menyebabkan keanekaragaman dalam semuanya termasuk kuliner. mungkin tiap daerah akan mempunyai kesamaan yang mirip dengan daerah lainnya dan biasanya kemiripan kuliner ini di hasilkan karena di bawa oleh perantau dari daerah asal. untuk kue tradisional, banyak sekali anda temukan di manapun anda berada yang pastinya bisa anda dapatkan di pasar tradisional.

Untuk makanan khas dari propinsi sumatera selatan khususnya kabupaten lahat, salah satu makanan khas yang mempunyai cita rasa yang nikmat adalah kue lumpang. kue lumpang merupakan kue tradisional dari lahat sumatera selatan yang mempunyai bahan dasar dari tepung beras dan untuk bentuknya sendiri menyerupai lumpang sehingga di namakan kue lumpang. kue ini mempunyai cita rasa yang manis sehingga sangat nikmat. kue lumpang ini telah ada sejak 80 tahun silam dan kue lumpang ini masih di sukai hingga saat ini. kue lumpang ini akan terasa nikmat jika di taburi atau di beri toping parutan kelapa yang kasar, parutan kelapa ini akan menambah cita rasa gurih jika sedang menikmati kue lumpang ini. kue lumpang ini akan lebih terasa nikmat jika di nikmati dengan segelas teh hangat. 

anda bisa mendapatkan kue lumpang ini dengan mudah di lahat atau anda bisa membuatnya sendiri di rumah. untuk cara membuat kue lumpang ini sangat mudah. jadi anda tidak perlu ragu lagi untuk membuat kue lumpang ini. untuk resep membuat kue lumpang ini sudah kami sajikan di bawah ini

Resep Kue Lumpang
Bahan :
-25 gram tepung beras
-100 gram tepung tapioka
-250 ml santan
-100 gram gula pasir
-5 lembar daun pandan, potong-potong
-3 lembar daun suji, potong-potong
-1/2 sdt garam

Taburan:
-100 g kelapa parut
-1 lembar daun pandan, potong-potong
-1/2 sdt garam

Cara Membuat :
-Masukkan santan, daun suji, daun pandan, dan gula pasir dalam mangkuk blender.
-Proses hingga benar-benar tercampur rata menjadi cairan yang kental.
-Saring adonan berwarna hijau tersebut.
-Campurkan tepung beras dan tepung kanji lalu tuangi santan hijau. Aduk-aduk san tambahkan garam hingga seluruhnya tercampur rata.
-Panaskan kukusan hingga airnya mendidih bergolak.
-Siapkan cetakan plastik berbentuk mungil. Tuangkan adonan kue lumpang ke dalam cetakan mungil.
-Kukus adonan dalam cetakan selama 30 menit.
-Angkat kue lumpang, biarkan hingga agak dingin, lepaskan dari cetakan.
-Taburan: Aduk kelapa parut dengan garam lalu kukus bersama potongan pandan.
-Sajikan dengan taburan kelapa parut.

Tips:
1. Untuk mendapatkan kue lumpang yang berwarna hijau cantik, selain diblender langsung, bisa dipakai air endapan daun pandan suji.
2. Pastikan kukusan benar-benar panas sebelum kue lumpang dikukus dan kukus dengan api sedang sampai kue matang. Ini agar kue bisa berlubang di tengahnya.
3. Sebagai variasi bisa dibuat kue lumpang dengan gula merah atau diberi pewarna sesuai selera.

sekarang anda sudah bisa membuat kue lumpang sendiri di rumah jadi anda bisa menikmati kue lumpang yang nikmat ini bersama orang tercinta dengan di temani segelas teh hangat yang akan menghadirkan kehangatan di keluarga anda. semoga bermanfaat, selamat mencoba dan jangan lupa untuk share 

baca juga : cara membuat ikan pirang yang renyah di luar lembut di dalam

Post a Comment for "Resep Kue Lumpang | Cara Membuat Kue Lumpang khas Lahat | Kompilasitutorial.com"

close