GUDEG MAKANAN KHAS JOGJA | CARA MEMBUAT GUDEG KHAS YOGYAKARTA | RESEP GUDEG KHAS JOGJA

Gudeg (ejaan bahasa Jawa:Gudheg) adalah makanan khas Yogyakarta dan Jawa Tengah yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan. Perlu waktu berjam-jam untuk membuat masakan ini. Warna coklat biasanya dihasilkan oleh daun jati yang dimasak bersamaan. Gudeg dimakan dengan nasi dan disajikan dengan kuah santan kental (areh), ayam kampung, telur, tempe, tahu dan sambal goreng krecek.

Ada berbagai varian gudeg, antara lain:
Gudeg kering, yaitu gudeg yang disajikan dengan areh kental, jauh lebih kental daripada santan pada masakan padang.
Gudeg basah, yaitu gudeg yang disajikan dengan areh encer.
Gudeg Solo, yaitu gudeg yang arehnya berwarna putih.

Ada sebuah cerita yang beredar di masyarakat yang mengisukan bahwa warna coklat pada gudeg dihasilkan dari darah ayam yang ditambahkan pada masakan. Mitos ini tidak benar, karena warna coklat dihasilkan dari daun kelor.Salah satu resep masakan Indonesia yang terkenal tidak hanya di negara kita, tetapi juga sampai mancanegara adalah Gudeg Jogja. Bukan hanya masyarakat asli Jogya atau Jawa Tengah, resep masakan gudeg juga banyak diminati oleh wisatawan yang kebetulan lagi berkunjung ke Jogya. Biasanya mereka membawanya sebagai oleh oleh buat keluarga di negara asalnya.yang tidak suka dengan makanan yang bercita rasa manis tentu saja tidak akan terlalu menyukai gudeg ayam nangka ini. Ya, seperti kebanyakan makanan yang berasal dari kota Jogja (tempe bacem, tahu bacem), resep gudeg yogya memang mempunyai cita rasa yang sedikit manis. Tetapi jangan khawatir, rasa manis yang ditimbulkannya alami lho dan semuanya berasal dari bahan bahan alami juga. Jadi jangan khawatir akan menimbulkan efek samping buat yang memakannya. Tentu, selain itu, resep asli jogja ini juga menggunakan beberapa bumbu tradisional yang membuatnya menjadi lebih enak dan legit.Jika anda tertarik untuk membuatnya di rumah untuk mengenalkan makanan dan minuman khas nusantara ini dan bagi para perantau asli jogja bisa mencoba membuatnya unutk mengobati rasa rindu kampung halaman. Cara membuatnya sangat mudah, jika anda tertarik untuk mencobanya silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini dan jangan beranjak dari sini karena kami akan menyuguhkan berbagai macam resep makanan khas nusantara.

Resep Gudeg Jogja dengan Ayam
Bahan- bahan :
-Bahan utama yang dibutuhkan adalah buah nangka muda kurang lebih sebanyak 1 kg. Gunakan nangka yang benar benar muda yang belum ada bijinya atau bijinya masih kecil.
-Santan yang diambil dari perasan parutan buah kelapa kurang lebih sebanyak 1000 ml.
-Lengkuas ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 4 ruas jari orang dewasa. Cuci bersih dan pukul pukul/memarkan terlebih dahulu supaya aromanya keluar dan gampang tercampur dengan bumbu lain.
-Daun jati ukuran sedang besar sebanyak 6-7 pcs. Pilih daun jati yang masih muda supaya menimbulkan warna coklat cantik pada makanannya.
-Daun salam ukuran sedang besar sebanyak 2 pcs saja.
-Daging ayam ukuran sedang 1/2 ekor. Potong potong sesuai selera atau kurang lebih 4-6 potong.
-Gula merah kualitas bagus sebanyak kurang lebih 90-100 gram. Iris tipis tipis supaya mudah dicampur dengan bahan lain.
-Air bersih untuk merebus nangka mudanya kurang lebih sebanyak 1.2-1-5 liter liter. Lebih baik kalau menggunakan air kelapa supaya lebih legit hasilnya.
-Bawang putih ukuran sedang besar sebanyak 4 siung. Kupas kulitnya sebelum digunakan.
-Bawang merah lokal ukuran sedang besar sebanyak 10 siung. Kupas kulitnya dulu supaya mudah untuk dihaluskan.
-Kemiri kurang lebih sebanyak 6 butir. Sangrai terlebih dahulu sebelum di gunakan.
-Garam dapur beryodium kurang lebih sebanyak 5 sendok kecil atau sendok teh.
-Ketumbar kurang lebih sebanyak satu sendok teh. Sangrai terlebih dahulu sebelum dihaluskan.

Cara Membuatnya:
-Siapkan satu panci ukuran agak besar. Letakkan setengah daun jati muda di bagian paling bawah supaya aroma dan warnanya rata.
-Masukkan air bersih atau air kelapanya ke dalam panci.
-Masukkan buah nangka yang sudah dipotong kecil kecil terlebih dahulu ke dalamnya lalu tutupi bagian atasnya dengan sisa daun jati supaya meresap semua.
-Rebus buang nangka muda dan daun jatinya dengan api kecil sedang sampai benar benar empuk lalu ditiriskan.
-Sambil menunggu nangkanya empuk, kita siapkan bumbu halus dan bahan lainnya.
-Masukkan ketumbar dan garamnya ke dalam cobek dan haluskan.
-Masukkan bawang putihnya, campur dan haluskan.
-Masukkan kemirinya lalu uleg/haluskan lagi.
-Terakhir masukkan bawang merah dan haluskan.
-Siapkan satu panci lagi dan masukkan bumbu halus dan santannya. Rebus dan aduk aduk semua bahan.
-Masukkan lengkuas, daun salam, irisan gula merah dan potongan daging ayamnya. Aduk aduk sampai mendidih dan daging ayam empuk.
-Masukkan rebusan nangka muda diatas ke dalamnya dan rebus lagi sampai kuahnya agak kering. Cicipi terlebih dahulu dan tambahkan gula merah dan garam kalau dirasa perlu.

Demikian cara mudah membuat gudeg khas jogja dan nantikan resep nusantara lainnya hanya di sini.

0 komentar:

Post a Comment

silahkan di share