LUMPIA LUNPIA MAKANAN KHAS SEMARANG | RESEP MEMBUAT LUMPIA KHAS SEMARANG | CARA MEMBUAT LUNPIA LUMPIA KHAS SEMARANG

Makanan khas Semarang satu ini telah menjadi ikon kota Semarang. Karenanya, Semarang diberi julukan sebagai kota lunpia / lumpia.
Sebagai bukti bahwa Anda telah menyambangi ibu kota Jawa Tengah ini, wajib hukumnya bagi Anda membawakan makanan ini untuk sahabat dan keluarga di rumah. Isi rebung, ayam, manis, gurih, pada setiap gigitannya bisa jadi membuat Anda tak lelah mengunyah sembari mengingat kembali keindahan kota Atlas.
Anda dapat menemukan lunpia di setiap sudut kota Semarang, namun sebagai referensi, Anda harus menjajal lunpia yang ada di Gang Lombok Semarang di kawasan Pecinan. Lunpia di sini dikemas dengan besek atau tempat dari anyaman bambu dan masih menggunakan resep di mana lunpia pertama kali dibuat di Semarang.
Jika anda ingin menemukan sensasi yang sangat luar biasa dengan jerih payah sendiri anda bisa membuatnya di rumah dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini.


Bahan-bahan:
-1/2 kg rebung : iris seukuran korek api
-1/4 kg udang cincang
-1 ons ebi kering
-5-7 siung bawang putih
-3-4 siung bawang merah
-1 bks lada bubuk
-Secukupnya garam
-Secukupnya gula
-Secukupnya penyedap
-Minyak untuk menumis
-Cabe rawit hijau
-3 sdm kecap manis
-3 sdm kecap manis
-3 sdm kecap manis

Bahan adonan:
-1/4 kg tepung terigu
-2 butir telur
-Secukupnya garam
-Secukupnya air
-Minyak untuk menggoreng

Langkah-langkah:
-Campur semua bahan adonan, tuangkan air sedikit-sedikit hingga agak encer. panaskan teflon anti lengket, tuangkan adonan masak hingga kulitnya matang
-Haluskan bawang merah putih dan ebi
-Panaskan sedikit minyak,tumis bumbu halus hingga harum,masukan udang cincang hingga agak merah kemudian masukan rebung yang sudah dipotong korek tadi. masak dengan sedikit air tambahkan kecap,gula,garam,penyedap, secukupnya dan tes rasa. masak hingga air menyusut dan kering
-Kemudian setelah adonan kulit habis dan isian lumpia pun telah matang kita isi kulit tersebut satu-persatu sampai habis. (lipatan/gulungannya seperti risol)
-Kemudian susun dipiring dan siapp untuk disajikan bersama cabe rawit hijau.

SELAMAT MENCOBA

0 komentar:

Post a Comment

silahkan di share