ROTI GANJEL REL / ROTI GAMBANG KHAS SEMARANG | RESEP ROTI GANJEL REL GAMBANG SEMARANG | CARA MEMBUAT ROTI GANJEL REL KHAS SEMARANG JAWA TENGAH

Roti yang khas dengan taburan wijen ini terbuat dari tepung tapioka, santan, air nira, gula dan kayu manis sebagai penambah aroma sedap. Komposisi yang cukup membuat roti ini memiliki rasa yang istimewa. Makanan khas Semarang yang satu ini menjadi sajian wajib di acara pawai sebelum bulan puasa (dugderan). Namun, di hari biasa Anda dapat menemukan roti ini di pusat oleh-oleh Jalan Pandanaran, terdapat toko yang menyediakan makanan khas Semarang ini untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Roti ini berbentuk kotak dan berwarna coklat bertabur wijen, rasa roti ini bercita rasa kayu manis. Teksturnya ulet dan padat dipadu dengan aroma coklat dan kayu manis yang nendang di lindah. Karena teksturnya yang ulet jika makan dua potong saja sudah cukup mengenyangkan perut. Sejarah asal usul mula roti klasik ini merupakan salah satu peninggalan Belanda. 

Resep yang digunakan dari dulu sampai sekarang tidak pernah berubah, masih asli dari zaman Belanda dulu. Nama aslinya adalah roti gambang, karena bentuknya yang mirip dengan alat musik gambang tapi masyarakat Semarang lebih mengenalnya dengan nama “ganjel rel”. Kenapa disebut ganjel rel, hal ini tak lain karena selain teksturnya yang bantat, dan juga bentuknya yang seperti ganjel rel (bantalan rel). Rasanya manis karena menggunakan campuran gula aren. Cocok sekali untuk teman minum teh panas atau kopi panas seperti nonik Belanda dan juga karena roti ini padat jadi sangat cocok sekali untuk sarapan pagi yang mengenyangkan. Berikut rahasia kumpulan aneka kreasi dan variasi olahan resepi roti ganjel rel atau roti gambang lengkap dengan cara bikin sendiri dengan mudah dan praktis. 


BAHAN- BAHAN :
-1 btr telur
-150 ml air
-50 gram gula pasir
-150 gram gula aren / gula jawa
-400 gram tepung terigu yang berprotein sedang
-100 gram margarin
-1 sdm susu bubuk
-1 sdt garam
-100 gram mentega
-2 sdt bubuk kayu manis
-1 sdt soda kue
-3 sdm wijen
-1 sdt baking powder

CARA MEMBUAT ROTI GANJEL REL :
-Rebus gula merah, dan gula pasir didalam air yang sudah mendidih.
-Campur tepung terigu dengan susu bubuk, baking powder, gula pasir, soda kue, garam dan bubuk kayu manis.
-Setelah bahan diatas dihaluskan, masukkan telur dan margarin dan gula jawa yang direbus terlebih dahulu.
-Bila sudah tercampur, aduk dan di uleni.
-Masukkan adonan kedalam tempat atau baskom dan tutup memakai serbet basah selama 30 menit.
-Bila sudah masukkan adonan kedalam loyang dan di atas roti jangan lupa untuk di olesi margarin.
-Adonan tadi di atasnya kita olesi dengan air dan taburi wijen.
-Panggang dalam oven dengan suhu 170 derajat celcius, masak sampai kue terlihat kuning kecoklatan.

SELAMAT MENCOBA

0 komentar:

Post a Comment

silahkan di share