Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

NASI / SEGO TIWUL MAKANAN KHAS WONOGIRI | RESEP NASI / SEGO TIWUL KHAS WONOGIRI | CARA MEMBUAT NASI / SEGO TIWUL ASLI WONOGIRI

Nasi Tiwul Wonogiri dibuat dari olahan singkong dan merupakan makanan pokok pengganti beras yang masih dapat ditemui dibeberapa daerah diantaranya adalah Wonogiri serta memiliki citarasa yang khas yaitu rasa manis dan berwarna coklat cantik. Nasi Tiwul bisa didapatkan setiap pagi di pasar-pasar tradisional, biasanya dijual untuk paket sarapan dan cocok dinikmati dengan aneka lauk pauk, gorengan, sayur lombok hijau khas Wonogiri juga, urap atau sambel Cabuk. Perpaduan nasi Tiwul yang legit dengan lauk yang gurih, menciptakan citarasa yang unik.
Manfaat nasi tiwul sendiri sangat baik untuk penderita diabetes mellitus karena kandungan kalori yang lebih rendah di banding nasi beras.

Kandungan nasi tiwul tidak kalah hebatnya seperti nasi putih. Di dalam 100 gram nasi tiwul terdapat :
-63.50 gram air
-Fosfor 40 gram
-Karbohidrat 35 gram
-Kalsium 33 mg
-Vitamin c 30mg
-Protein 1.20 mg
-Zat besi 0.70mg
-Lemak 0.30 mg
-Vitamin b1 0.01 mg
-Kalori (121 kal) lebih rendah dari nasi beras.

Cara membuatnya sangat mudah, jika anda tertarik untuk mencobanya silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini dan jangan beranjak dari sini karena kami akan menyuguhkan berbagai macam resep makanan khas nusantara .

Resep membuat tiwul asli wonogiri
Bahan –bahan :
-350 gram singkong yang sudah di keringkan. (gaplek)
-150 gram gula jawa
-200 gram kelapa parut
-2 lembar daun pandan
-350 ml air
-Garam secukupnya

Cara memasak  :
-Singkong yang sudah di keringkan di tumbuk sampai jadi seperti tepung, kemudian percikkan sedikit air, lalu tumbuk lagi sampai di dapatkan butiran-butiran kecil.
-Panaskan dandang atau kukusan.
-Masukkan butiran singkong tadi ke dalam kukusan, kukus kurang lebih 40 menit
-Tambahkan gula jawa yang sudah di serut halus di atas tiwul yang di kukus.
-Untuk toppingnya, kukus kelapa parut bersamaan dengan daun pandan dan tambahkan garam secukupnya. Kukus selama 15 menit kemudian angkat.
-Nasi tiwul siap di sajikan bersama dengan kelapa parut. 

Demikianlah cara membuat tiwul khas wonogiri, selamat mencobanya dirumah


Post a Comment for "NASI / SEGO TIWUL MAKANAN KHAS WONOGIRI | RESEP NASI / SEGO TIWUL KHAS WONOGIRI | CARA MEMBUAT NASI / SEGO TIWUL ASLI WONOGIRI"

close