CABUK / PEPES HITAM MAKANAN KHAS WONOGIRI | RESEP CABUK ASLI WONOGIRI JAWA TENGAH | CARA MEMBUAT CABUK KHAS WONOGIRI

Cabuk Wonogiri merupakan salah satu kuliner yang langka, merupakan makanan khas dan asli Wonogiri yang terbuat dari biji wijen mentah yang disangrai, kemudian di tumbuk sampai halus dan dicampur dengan air. Setelah di campur dengan air, adonan tepung wijen dikukus. Untuk menghasilkan kelezatan rasa yang khas, adonan wijen dicampur dengan parutan kelapa, londo (daun pisang yang dibakar), cabai, bawang, gula jawa dan juga daun kemangi.

Setelah matang bentuk dari Cabuk mirip dengan otak-otak. Saat ini sedikit langka untuk mendapatkan makanan Cabuk walau di tempat aslinya Wonogiri. Dengan kemajuan jaman, banyak orang menganggap Cabuk kurang menarik dari sisi tampilan karena berwarna hitam, untuk jenis makanan jadi tidak menggugah selera. Cabuk paling nikmat dimakan dengan nasi putih panas-panas tapi banyak juga orang asli Wonogiri lebih suka menikmatinya dengan nasi Tiwul.cara membuatnya sangat mudah, jika anda tertarik untuk mencobanya silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini dan jangan beranjak dari sini karena kami akan menyuguhkan berbagai macam resep makanan khas nusantara .

Resep cabuk / pepes hitam khas wonogiri
Bahan:
-Biji wijen
-air
-parutan kelapa
-londo (daun pisang yang dibakar)
-cabai 
-bawang
-gula jawa
-daun kemangi

Cara Membuatnya:
-Biji wijen disangrai.
-Setelah matang, wijen kemudian ditumbuk sampai halus dan dicampur air.
-Setelah dicampur air, adonan tepung wijen ini dicampur dengan parutan kelapa, londo (daun pisang yang dibakar), cabai, bawang, gula jawa, dan petikan daun kemangi. 
-Semua adonan yang sudah tercampur ini kemudian dibungkus dengan daun pisang dan dikukus sampai matang.
-Cabuk kemudian dibakar.
-Setelah dibakar Cabuk Wijen siap disajikan.

demikianlah cara membuat cabuk / pepes hitam asli wonogiri dan selamat mencoba di rumah.

0 komentar:

Post a Comment

silahkan di share