TEMPE BENGUK MAKANAN KHAS WONOGIRI | RESEP TEMPE BNEGUK KHAS WONOGIRI | CARA MEMBUAT TEMPE BENGUK KHAS WONOGIRI JAWA TENGAH

Tempe Benguk merupakan salah satu makanan asli dan khas dari Wonogiri, tempe yang pembuatannya bukan dari kedelai biasa tapi dibuat dari kacang koro asli dari hasil pertanian Wonogiri yang tumbuh subur disana. Koro merupakan sejenis kacang-kacangan dengan ukuran yang lebih besar, biasanya tumbuh merambat dan banyak terdapat di pekarangan rumah di kampung-kampung.
Tempe Bengkuk bisa diolah dengan cara macam-macam, di goreng dengan bumbu yang sama dengan tempe biasa atau di bacem, atau diolah dengan khas Wonogiri yaitu di “Sengek”. Sengek merupakan salah satu cara mengolah tempe Benguk yang paling populer, diolah dengan bumbu berbagai rempah kemudian ditambah dengan santan, nyemek-nyemek kuahnya. 

 Kedelai yang sudah umum diketahui sebagai bahan utama pembuatan tempe ternyata juga bisa diduplaki langkah-langkah pembuatannya dengan menggantikan bahan utama kedelai dengan biji koro benguk yang selanjutnya dinamakan dengan tempe benguk. Biji koro benguk memiliki kandungan lemak dan protein yang cukup rendah jika dibandingkan dengan kedelai. Dan juga terdapat kandungan karbohidrat yang cenderung tinggi ketimbang kedelai. Sehingga koro benguk ini dapat menjadi konsumsi protein alternatif untuk kebutuhan tubuh.Pada biji koro benguk terdapat getah yang jika tidak diolah dengan baik justru akan membuat benguk menjadi terasa pahit. Untuk itu diperlukan beberapa tahapan dalam memproses biji koro benguk sebelum diolah menjadi tempe benguk.
cara membuatnya sangat mudah, jika anda tertarik untuk mencobanya silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini dan jangan beranjak dari sini karena kami akan menyuguhkan berbagai macam resep makanan khas nusantara .

Resep Tempe Benguk

Bahan-bahan:
-Biji koro benguk secukupnya, rebus
-Air bersih secukupnya
-Ragi tempe secukupnya
-Daun pisang/daun jati secukupnya

Langkah-langkah Dalam Pembuatan Tempe Benguk
-Masakan biji koro benguk dengan cara direbus salama ±60 menit hingga mendidih. Karena biji koro ini bergetah dan dapat menyebabkan rasa pahit pada benguk jadi untuk menghilangkannya dapat disiasati dengan cara mencapurkan abu gosok ke dalam rebusannya. Angkat dan tiriskan benguk.
-Berikutnya, buka dan lepaskan bagian kulit benguk dan bersihkan bagian dalamnya.
-Tuangkan air bersih ke dalam baskom dan rendam benguk yang sudah dilepas kulitnya serta dibersihkan ke dalam air pada wadah baskom. Diamkan hingga 3 hari lamanya. Angkat dan tiriskan.
-Selanjutnya, benguk yang sudah direndam selama 3 hari ini dicampurkan dengan ragi lalu bungkus dengan menggunakan daun pisang.
-Letakkan di tempat yang tidak lembab dan berudara. Biarkan hingga ±2 hari lamanya hingga menjadi tempe benguk.
-Tempe benguk sudah jadi dibuat dan biasa dimasak dengan ditumis bersama beberapa sayuran atau dimasak dengan campuran bumbu bacem seperti pada penyajian masakan tempe.

Demikianlah cara pe,buatan tempe benguk khas wonogiri, dan selamat mencoba di rumah.

2 comments:

  1. Kalau bisa disertai vidio panduanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke siap kak atas masukannya, mau bikin videonay masih ribet kak kalo sendirian. hehe

      Delete

silahkan di share