PINDANG KAMBING MAKANAN KHAS WONOGIRI | RESEP PINDANG KAMBING ASLI WONOGIRI JAWA TENGAH | CARA MEMBUAT PINDANG KAMBING KHAS WONOGIRI

Pindang Kambing Wonogiri, merupakan masakan yang diolah dari daging kambing. Berbeda dengan masakan olahan kambing pada umumnya yang berkuah, Pindang Kambing dari Wonogiri ini dibuat dari gaplek (singkong yang dikeringkan). Gaplek digiling menjadi tepung kemudian dimasak menjadi menyerupai bubur, ditambahkan dengan jeroan kambing, kikil dan tulang-tulang kambing. Memiliki aroma khas dari bubur gaplek inilah yang membuat orang asli Wonogiri selalu mencarinya untuk bernostalgia.

Bagi pembaca yang ingin mencoba bisa berwisata ke Wonogiri dan mencoba masakan ini di warung Sinem. Merupakan salah satu Pindang Kambing Wonogiri yang terkenal berlokasi di wilayah Ngadirejo dusun Sambirejo, Wonogiri, Jawa tengah. Ciri khas lainnya disajikan dengan daun Jati.Cara membuatnya sangat mudah, jika anda tertarik untuk mencobanya silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini dan jangan beranjak dari sini karena kami akan menyuguhkan berbagai macam resep makanan khas nusantara .

Resep pindang kambing asli wonogiri
Bahan-bahan:
-1/2 kg daging kambing
-1 liter air (untuk rebusan daging)
-4 lembar daun jeruk
-3 lembar daun salam
-2 batang sereh (geprek)
-3 cm lengkuas (geprek)
-7 buah belimbing wuluh (boleh pake asam kandis)
-1 batang daun bawang
-secukupnya Garam dan penyedap

Bumbu Halus:
-3 buah cabe keriting
-5 buah cabe rawit (sesuai selera)
-8 butir bawang merah
-3 butir bawang putih
-2 cm jahe
-2 cm kunyit

Langkah-langkah:
-Rebus daging kambing sampai mendidih.lalu angkat dan tiriskan (Note: sebelum daging direbus campurkan dulu dengan jeruk nipis dan garam untuk menghilangkan bau prengusnya kira-kira 30 menit atau bisa juga menggunakan jahe diparut,nanas diparut,daun pepaya diremas-remas sama dagingnya juga bisa)
-Didihkan lagi air yang baru untuk kuahnya. Tumis bumbu halus hingga harum masukan lengkuas sereh,daun jeruk,daun salam.
-Kalo air sudah mendidih masukan daging beserta bumbu.masukan juga daun bawang,belimbing wuluh,garam dan penyedap rasa.
-Kalo dagingnya sudah empuk.angkat dan sajikan.jangan lupa koreksi rasa
-pindang kambing siap di hidangkan

Demikianlah cara membuat pindang kambing dan selamat mencoba


0 komentar:

Post a Comment

silahkan di share