SAYUR / JANGAN LOMBOK IJO KHAS WONOGIRI | RESEP SAYUR / LOMBOK IJO KHAS WONOGIRI JAWA TENGAH | CARA MEMBUAT SAYUR LOMBOK IJO ASLI WONOGIRI

Kota Wonogiri merupakan kota di bangian tenggara provinsi Jawa Tengah. Berasal dari Bahasa Jawa, wana yang berarti hutan dan giri artinya gunung, sehingga secara harafiah Wanagiri berarti hutan di pegunungan.
Kota yang berbatasan dengan Kabupaten Sukoharjo ini selain memiliki objek wisata yang indah seperti situs bersejarah Khayangan, dan Waduk Gajah Mungkur juga memiliki berbagai makanan khas. Kota yang disebut dengan nama Kota Gaplek ini memilki berbagai makanan khas salah satunya adalah Jangan Lombok.

Orang Wonogiri lebih mengenal Jangan Lombok Ijo, (arti jangan di Bahasa Jawa adalah Sayur) dan merupakan makanan sehari-hari masyarakat Wonogiri sejak dari dulu. Sayur Lombok Hijau dibuat dari cabe hijau keriting dipotong-potong kecil, kemudian dibumbui seperti sayur lodeh dan diberi santan. Biasanya dihidangkan untuk makan siang atau makan malam dan juga sarapan, dijual dengan nasi Tiwul bersamaan.
Untuk bisa merasakan nikmatnya Jangan Lombok Ijo, bisa mendapatkan di rumah atau warung makan di Wonogiri dengan mudah.  Mereka menjual bersamaan dengan nasi dan lauk-pauk lainnya. Untuk menikmati hal yang sangat berbeda bisa mencoba dengan menyantap bersamaan nasi Tiwul dan lauk Cabuk Wijen.Cara membuatnya sangat mudah, jika anda tertarik untuk mencobanya silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini dan jangan beranjak dari sini karena kami akan menyuguhkan berbagai macam resep makanan khas nusantara .

Resep sayur / jangan lombok ijo asli wonogiri
Bahan-bahan:
-Tempe sebanyak 350gr potong dadu
-15 cabai hijau kriting, dipotong miring
-10 buah cabai merah kriting, dipotong miring
-5 cabai rawit merah, diiris miring
-5 cabai rawit hijau, diiris miring
-3 lembar daun jeruk, tulang daun dibuang
-3 siung bawang merah, diiris
-2 lembar daun salam
-1 batang serai, diambil putihnya lalu memarkan
-750 ml santan
-2 sdt garam
-1 sdm ebi, diseduh dan disangrai
-1 sdt gula merah sisir
-1 cm kunyit, dibakar
-1 cm kencur
-3 cm lengkuas
-2 cm jahe

Cara Membuat Jangan Lombok
-Jika bahan dan bumbu tersebut sudah disiapkan langkah selanjutnya adalah memasak jangan lombok dengan bahan tersebut.
-Tumis bawang putih, bawang merah, daun jeruk, serai, dan bumbu halus ke dalam wajan dengan 2 sdm minyak panas hingga harum.
-Masukkan cabai dan masak hingga setengah layu.
-Masukkan tempe dan aduk.
-Tuangkan santan dan beri garam. Masukkan gula
-Aduk sampai matang dan sajikan jangan lombok.
-sayur lombok ijo siap di hidangkan

demikian cara membuat sayur / jangan lombok ijo dan selamat mencoba

0 komentar:

Post a Comment

silahkan di share