CARA MENGHILANGKAN BAU AMIS DAN LENDIR PADA KIKIL | TIPS MENGHILANGKAN BAU AMIS | CARA MENGHILANGKAN LENDIR

apa itu kikil?? kikil adalah salah satu bagian sapi yang bahan makanan utama atau pelengkap yang di sukai banyak orang. yang biasanya di gunakan untuk memasak di berbagai jenis hidangan, kikil itu sendiri di ambil dari bagian pembungkus tulang kaki sapi yang mempunyai tekstur kenyal.kadang rasa kikil mempunyai rasa yang aneh karena cara mengolahnya yang kurang benar dan perhatikan kikil yang anda beli di pasar harus yang masih segar dengan ciri warnanya kekuningan cerah dan sedikit putih. teksturnya kenyal, aromanya khas aroma sapi dan hindari kikil yang berlendir.jika kikil yang anda beli sudah berlendir dan bau amis, disini akan di bahas tips untuk menghilangkan bau amis dan lendir pada kikil yang pastinya mudah untuk di terapkan.

caranya adalah sebagai berikut
-hilangkan bulu pada kikil
untuk menghilangkan bulu ini,kikil perlu direndam dalam air mendidih selama sekitar 20 menit. Setelah itu kikil bisa dikerok untuk menghilangkan bulunya. Lemak yang menempel pun bisa kita hilang dalam proses ini. Lendir yang berlebihan pun bisa kita bersihkan saat mengeroknya.
- Rebus dengan menambahkan sejumlah rempah
Setelah kikil dicuci bersih, kita bisa langsung merebusnya. Kalau menggunakan panci biasa, proses perebusan ini bisa memakan waktu 2-3 jam. Tapi kalau pakai panci presto, mungkin tak sampai satu jam untuk merebusnya. Kita bisa menambahkan sejumlah rempah di dalam rebusan, speerti jahe dan lengkuas. Daun salam dan daun jeruk juga bisa ditambahkan untuk menciptakan aroma yang lebih harum.
-Tiriskan kikil dan bilas dengan air bersih
Kalau kikil masih berbau setelah direbus, kita bisa meniriskan kikil setelah matang. Lalu meniriskannya dan membilasnya dengan air bersih yang mengalir. Setelah selesai, kita bisa memotong kikil dan mengolahnya menjadi hidangan yang kita inginkan.

nah itu tips untuk menghilangkan bau amis dan menghilangkan lendir pada kikil dan kikil siap untuk di masak sesuai selera. kikil bisa di olah menjadi aneka hidangan yang lezat. seperti oseng kikil mercon, rujak petis dan lain sebagianya. selamat mencoba 


0 komentar:

Post a Comment

silahkan di share