SOP BUNTUT BAKAR KHAS JOMBANG | CARA MEMBUAT SOP BUNTUT BAKAR KHAS JOMBANG | RESEP SOP BUNTUT BAKAR KHAS JOMBANG

Bagi anda yang suka jelajah nusantara, jangan lupa untuk mampir ke jombang. ada apakah di jombang? di jombang ada kuliner khas yang rasanya pasti bikin nagih, apalagi bagi pecinta kuliner sop buntut. sop buntut di jombang berbeda dengan sop buntut pada umumnya, namanya yang unik membuat orang penasaran untuk mencicipinya yang namanya sop buntut bakar. sop buntut ini cocok untuk di makan siang hari dengan cuaca yang panas, cita rasa yang di tawarkan lezat dan pastinya tidak mengecewakan. nah disini kita akan menjelaskan tentang cara membuat sop buntut bakar yang istimewa yang pastinya berbeda dengan sop buntut goreng. kita simak yuk cara membuat sop buntut bakar khas jombang ini

CARA MEMBUAT SOP BUNTUT BAKAR KHAS JOMBANG
Bahan Utama yang Diperlukan: 
-1000 gr buntut sapi (potong-potong) 
-2 buah wortel (potong-potong 1 cm)
-2 batang seledri segar (iris tipis) 2 sdm mentega 
-3 buah kentang, kupas kulit, potong dadu
-1 sdt garam 
-2 batang daun bawang (iris kasar) 
-1/2 sdt merica bubuk
-1/2 butir pala, memarkan 
-1 1/2 liter air matang
-5 butir cengkeh 

Rempah dan Bumbu : 
-5 butir cengkeh 
-1/2 sdt merica bubuk
-1/2 butir pala, memarkan 
-5 siung bawang putih, memarkan 
-1 sdt garam 

Cara Membuat Sop Buntut Sapi Bakar Spesial:
Langkah pertama yang bisa anda lakukan rebus terlebih dahulu air dalam panci dan masukkan buntu sapi kedalamnya rebus dengan menggunakan api besar hingga mendidih dan keluar buih. Setelah itu buang terlebih dahulu air buihannya. Ambil panci lain dan masukan buntut kedalamnya dan berikan dengan air kaldu kira-kira secukupnya. Kemudian masukan bumbu dan rempah yang telah dipersiapkan sebelumnya. Dan rebus buntu dengan api kecil hingga mendidih dan menjadi lebih empuk Selanjutnya masukan sayuran yakni kentang dan wortel kemudian masak hingg matang dan tambahkan daun bawang serta seledri didihkan sementara kemduian angkat dan matikan kompor. 

Cara Membuat Buntut Bakar: 
Tiriskan buntut sapi dalam wadah, olesi dengan sedikit mentega. Panggang sebentar diatas wajan tebal atau panggangan hingga buntut sapi menjadi lebih kecoklatan. Angkat dan sajikan bersama dengan kuah selagi masih hangat. Hidangkan bersama dengan bawang goreng dan sajikan selagi masih hangat. Santap bersama dengan nasi hangat dan kerupuk akan terasa lebih lezat.

Nah itu cara membuat sop buntut bakar spesial khas jombang, sajikan masakan khas ini untuk keluarga tercinta anda. jika anda ingin mencoba resep nusantara lainnya bisa mencarinya disini karena terdapat banyak sekali menu nusantara, cake, minuman segar dan lain sebagainya.
selamat mencoba


0 komentar:

Post a Comment

silahkan di share