KUPANG KRATON KHAS PASURUAN | CARA MEMBUAT KUPANG KRATON KHAS PASURUAN | RESEP KUPANG KRATON KHAS PASURUAN

Pasuruan juga mempunyai kuliner khas andalan yaitu kupang kraton. makanan yang terbuat dari olahan kupang atau kerang yang di campur dengan bumbu bawang putih, jeruk nipis, irisan lentho dan lontong. anda bisa mencari di berbagai tempat yaitu diwarung maupung di pinggir jalan. jika mengkonsumsi kuliner harus hati-hati ya, bagi anda yang alergi kerang nanti bisa gatal-gatal. dan rasanya jangan di ragukan lagi, kuliner ini bisa membuat perut kenyang dan menggoyang lidah anda serta cacing dalam perut anda. buat tambahan penyajian bisa juga di tambahkan sate kerang dan cabe rawit biar tambah lengkap rasanya dengan minuman es degan hijau. anda bisa menemukan kuliner ini di pasar kraton dan sepanjang jalan ir. juanda pasuruan. bagi anda yang ingin membuatnya di rumah, caranya sangat gampang dengan membaca resep ini dari awal sampai selesai, menyiapkan bumbu dan bahan serta yang paing penting adalah menyiapkan uang buat belanja. oke sekarang kita bahas caranya ya, simak baik-baik

CARA MEMBUAT KUPANG KRATON KHAS PASURUAN
Bahan-bahan yang diperlukan:
-500 gram kupang, dibersihkan
-Penyedap rasa secukupnya
-Garam secukupnya

Bahan-bahan pelengkap:
-Lontong, dipotong-potong
-Bawang merah goreng, secukupnya
-Bawang putih goreng secukupnya
-Petis kupang secukupnya
-Gula pasir secukupnya
-Cabe rawit sesuai selera
-Garam secukupnya
-Jeruk nipis secukupnya

Cara memasak atau membuat lontong kupang khas jawa timur yang enak dan lezat:
-Rebus kupang hingga matang atau masak.
-Kemudian tambahkan penyedap rasa dan garam secukupnya.
-Bila sudah matang, angkat dan sisihkan.

Cara penyajian lontong kupang:
-Pertama-tama, haluskan cabe rawit, garam, bawang putih, petis dan gula pasir pada piring penyajian. Dalam menghaluskan bisa digerus atau diuleg dengan menggunakan sendok makan.
-Kemudian tambahkan sedikit perasan air jeruk nipis, lalu encerkan atau campurkan dengan menuang sedikit air rebusan kupang.
-Bila sudah, langkah selanjutnya, masukkan lontong yang sudah dipotong-potong tadi, tambahkan juga kupang dan air rebusannya.
-Taburi bawang goreng diatasnya. Beri sate kerang dan lento sebagai pelengkapnya.
-Dan lontong kupang masakan khas daerah jatim sudah siap untuk dihidangkan.

jangan lupa tambahkan krupuk mie atau krupuk ikan buat menyantap kuliner ini dan juga sambal buat menambah selera makan anda. selamat mencoba

0 komentar:

Post a Comment

silahkan di share