Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

MANFAAT DAUN DAN BUNGA KEMUNING BAGI KESEHATAN DAN KECANTIKAN SELAIN UNTUK HIASAN RUMAH

Kompilasitutorial.com -Kemuning (Murraya paniculata) atau nama sinonimnya Murraya exotica L.; Murraya banati Elm; Chalas paniculata, merupakan tumbuhan tropis yang dapat mencapai tinggi 7 meter dan berbunga sepanjang tahun. Senyawa dari golongan kumarin yang berhasil diisolasi adalah murrmeranzin, isopropylidene murrangatin, murralonginal and pranferin. Daunnya seperti daun jeruk, cuma berukuran lebih kecil, sering digunakan sebagai tumbuhan hias atau tumbuhan pagar. masyarakat Filipina dan Indonesia menggunakan daun kemuning untuk obat diare dan disentri.Bunga kemuning juga sering dijadikan sebagai bonsai, sehingga dapat dipandang keindahannya. Nah di bawah ini akan kami jelaskan beberapa manfaat daun dan bunga kemuning.

Manfaat Bunga Kemuning Bagi Kecantikan dan Pengobatan:
-Menghancurkan batu ginjal 
Untuk meluruhkan batu ginjal, haluskan 30 gram daun kemuning ke dalam blender yang berisi 150 ml air. Setelah disaring, airnya segera minum sampai habis. Lakukan cara ini dengan rutin setiap hari.

-Mengobati infeksi saluran kemih 
Cuci dan rebus 35 gr daun kemuning bersama 3 gelas air. Biarkan mendidih dan airnya menyusut separuhnya. Setelah airnya menjadi dingin, saring dan minum di pagi, siang, dan malam hari, masing-masing ½ gelas.

-Mengatasi haid tidak lancar 
Banyak wanita mengalami menstruasi yang kurang lancar. Cobalah menggunakan ramuan alami untuk mengatasi masalah kesehatan ini. Ambil ½ genggam daun pacar kuku (Lawsonia inermis), 1 jari rimpang temulawak, dan ½ genggam daun kemuning. Cuci semua bahan, kemudian diiris-iris. Rebus dengan 3 gelas air hingga airnya tersisa segelas saja. Saring dan minum airnya setalah dingin di pagi dan malam hari, dengan takaran ½ gelas.

-Meredakan nyeri akibat rematik 
Untuk menghilangkan nyeri karena gejala rematik, cobalah cara alami. Potong-potong akar tanaman tembelekan (Lantana camara) dan akar kemuning. Siapkan juga 3 pasang kaki ayam. Setelah semua bahan dicuci, potong-potong ketiganya. Semua bahan direndam dalam mangkuk aluminium berisi air, masukkan ke dalam panic berisi air. Rebus hingga mendidih selama beberapa menit. Minum airnya selagi hangat.

-Meredakan sakit gigi 
Tidak hanya mengganggu aktivitas sehari-hari, sakit gigi juga dapat merusak suasana hati. Nah, untuk mengobati sakit gigi secara alami, anda dapat menggunakan bunga kemuning. Caranya, gores kulit batang kemuning untuk mendapatkan minyaknya. Panaskan minyak alami ini dengan api kecil selama beberapa saat. Teteskan minyak ini pada gigi yang berlubang dan gusi yang bengkak.

Manfaat Daun Kemuning Untuk Kecantikan
-Melembutkan kulit
Caranya, tumbuk 30 gram daun kemuning, setelah dicuci dengan air mengalir. Campur dengan segelas air bersih, aduk dengan merata. Terapkan pada kulit anda sebelum tidur malam, sebagai lulur.

-Menurunkan berat badan 
Bunga kemuning juga berguna untuk melangsingkan tubuh. Sediakan daun kemuning dan daun mengkudu, masing-masing sebanyak segenggam. Ambil juga ½ jari temugiring. Tumbuk semua bahan hingga lumat, tambahkan secangkir air matang kemudian aduk sampai merata. Peras dan saring, minum airnya di pagi hari sebelum sarapan.

Nah itu tadi beberapa manfaat daun dan bunga kemuning. sekarang anda bisa memanfaatkan daun dan bunga kemuning di sekitar rumah anda. bukan hanya untuk hiasan rumah, bonsai dan lain sebagainya. baca terus kompilasitutorial.com karena akan hadir setiap harinya artikel yang berbobot seputar dunia kesehatan, masakan nusantara dan lain sebagainya. selamat mencoba

Post a Comment for "MANFAAT DAUN DAN BUNGA KEMUNING BAGI KESEHATAN DAN KECANTIKAN SELAIN UNTUK HIASAN RUMAH"

close