Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

RESEP MADU MONGSO YANG LEGIT | CARA MEMBUAT MADU MONGSO KHAS MADIUN | MADU MONGSO KULINER KHAS MADIUN


Kompilasitutorial.com - Madumongso adalah jajanan pasar berbentuk kecil manis berbungkus plastik atau kertas minyak, yang disini umumnya disajikan pada acara-acara tertentu; biasanya sih pernikahan.Madu mongso adalah salah satu oleh-oleh khas Madiun yang sangat populer. Makanan satu ini bahkan pernah meraih rekor MURI pada tahun 2001  karena ada sebuah pagelaran festival yang menjual madu mongso dengan stand sepanjang 1.700 meter.Makanan khas Madiun satu ini terbuat dari ketan hitam yang difermentasi. Setelah itu, ketan hitam dimasak dengan gula dan santan menjadi seperti dodol.madumongso yang legit ini cukup cocok dan dapat memuaskan selera.Madu mongso memiliki cita rasa yang manis dan asam. Madu mongso dibungkus dengan sangat unik seperti sebuah permen. Cara membuatnya juga cukup sederhana, namun prosesnya agak lama dan harus sedikit telaten juga, belum lagi dalam membuat tape ketan hitamnya yang terkenal rada-rada gampang-gampang susah. madu mongso dari madiun hampir sama dengan daerah lain. jika anda sedang berkunjung ke madiun, jangan lupa membeli madu mongso buat oleh-oleh keluarga di rumah. dan jika anda ingin membuatnya di rumah silahkan untuk membuatnya sendiri di rumah dengan mengikuti resep di bawah ini dan bisa juga untuk mengobati rasa kangen akan kampung halaman bagi orang madiun asli yang sedang merantau atau sudah pindah domisili. simak yuk cara pembuatan madu mongso yang pernah mendapatkan rekor MURI. harus sabar ya karena prosesnya.

CARA MEMBUAT MADU MONGSO YANG LEGIT KHAS MADIUN
Bahan : 
-1,5 kg tape ketan hitam 
-1200 mililiter santan terbuat dari 2 butir kelapa 
-300 gr gula jawa 
-2 lembar daun pandan 
-Daun pisang atau plastik untuk alas 
-Plastik atau kertas minyak sebagai pembungkus madu mongso 

Cara Membuat :
-Tape ketan hitam ditiriskan sampai tidak berair, sisihkan 
-Rebus santan dengan daun pandan hingga mengental dan berminyak. 
-Kemudian masukkan gula jawa, aduk hingga larut. 
-Masukkan tapai ketan hitamnya. 
-Aduk-aduk hingga mengental menggunakan api kecil. 
-Angkat. 
-Tuangkan adonan kedalam loyang yang telah diberi alas plastik atau daun pisang. 
-Ratakan dan dinginkan. 
-Setelah dingin, ambil adonan dengan takaran 1 sendok makan untuk dibungkus dengan kertas minyak atau plastik.

nah itu tadi cara mudah membuat madu mongso khas madiun yang legit yang pastinya nikmat banget apalagi di buat dengan tangan sendiri. jika anda ingin memberikan variasi, anda bisa menambahkan wijen yang sekaligus menambah rasa nikmat dan pastinya wijen banyak manfaatnya bagi kesehatan. jika anda ingin membuat makanan tradisional khas lainnya, silahkan anda untuk mengikuti resep di kompilasitutorial.com karena terdapat banyak sekali resep masakan nusantara, resep cake, resep bolu, minuman segar dan tentang kesehatan terutama dengan menggunakan obat herbal yang ada di sekitar kita. selamat mencoba

Post a Comment for "RESEP MADU MONGSO YANG LEGIT | CARA MEMBUAT MADU MONGSO KHAS MADIUN | MADU MONGSO KULINER KHAS MADIUN"

close