CARA PRAKTIS MEMBUAT BELUT BALADO PEDAS KHAS TUBAN YANG MEMBUAT LIDAH BERGOYANG

Kompilasitutorial.com -Belut salah satu hewan yang tidak memiliki sisik dan bentuknya seperti ular namun termasuk kategori ikan air tawar dan hampir sama dengan ikan lainnya yaitu sidat, namun ada yang membedakan beberapa karena hidupnya berbeda, kita tahu bahwa belut ini banyak ditemukan di lumpur. Kebanyakan ibu-ibu merasa jijik karena menyerupai ular dan licin saat di pegang. Namun, belut mempunyai banyak manfaat berupa protein yang di kandungnya dan sangat baik untuk perkembangan sang anak.kandungan lainnya juga berupa omega 3, omega 6, kalsium, magnesium, vitamin dan masih banyak lagi. saat berbicara tentang belut, apalagi di buat sajian istimewa tentunya sangat menggiurkan apalagi di buat dengan rasa yang pedas. di bawah ini sudah kami sajikan resep istimewa belut pedas khas tuban.

CARA PRAKTIS MEMBUAT BELUT PEDAS KHAS TUBAN
BAHAN DAN BUMBU
-500 gram belut ukuran sedang 
-1 buah jeruk nipis (ambila airnya) 
-1/2 sendok teh garam 
-50 ml air 
-2 lembar daun salam 
-1 ruas jari lengkuas 

BAHAN BUMBU DIHALUSKAN
-20 buah cabai keriting merah 
-5 buah cabai merah ukuran besar 
-5 siung bawang merah 
-4 siung bawang putih 
-1 sendok teh garam 
-1/2 sendok teh gula pasir 
-1 sendok teh penyedap rasa

CARA MEMASAK 
-Belut terlebih dahulu dibersihkan, buang bagian isi perutnya, kemudian potong sesuai selera anda, kemudian lumuri dengan air jeruk nipis dan juga garam, lalu diamkan sekitar 10 menit. 
-Setelah itu panaskan minyak goreng, kemudian goreng belut hingga setengah matang, angkat dan sisihkan. 
-Setelah itu panaskan minyak goreng, kemudian tumis bahan bumbu yang dihaluskan, kemudian tambahkan lengkuas, lalu daun salam, masah hingga harum. 
-Setelah itu masukan belut yang sudah digoreng setengah matang, aduk-aduk hingga merata dan hingga matang. 
-Angkat, dan balado belut siap disajikan.

itulah resep praktis membuat belut balado pedas khas tuban. nantikan resep lainnya hanya disini, dan tentunya anda bisa menyajikan resep istimewa buat keluarga yang bergizi dan baik untuk buah hati anda,

0 komentar:

Post a Comment

silahkan di share