RESEP PRAKTIS WEDANG CEMUE KHAS NGAWI SUPER HANGAT COCOK UNTUK MUSIM DINGIN | KOMPILASITUTORIAL.COM

Kompilasitutorial.com -Ngawi merupakan salah satu kota yang terletak di Provinsi Jawa Timur dan berbatasan langsung dengan Propinsi Jawa Tengah. Tak hanya terkenal dengan wisatanya saja, Kota Ngawi juga mempunyai ciri khas lain yang terdapat pada oleh-oleh khasnya. Bagi kamu yang ngaku sudah pernah singgah ke Kota Ngawi ini tentunya sudah tak asing lagi dong yaa dengan makanan khasnya yang pastinya akan membuat orang yang mencicipinya menjadi ketagihan. Salah satunya adalah wedang cemue. Wedang Camue merupakan salah satu minuman khas Kota Ngawi yang dapat menghangatkan badan. Minuman hapir mirip dengan minuman yang sering kita temui yakni wedang ronde. Wedang Camue ini terbuat dari jahe, serta susu, sehingga sangat cocok sekali untuk mengahangatkan badan ketika turun hujan. Wedang cemoe ini bisa menghangatkan tubuh sebab salah satu bahannya adalah jahe. Tapi bagi anda yang ingin membuatnya sendiri di rumah juga bisa kok. Kami akan membagikan resep wedang cemoe tersebut kepada anda dan anda bisa membuat kreasi sendiri sesuai dengan selera anda. Bahan-bahan untuk membuat wedang cemoe ini bisa anda beli di pasar atau di supermarket rumah. Akan terasa nikmat sekali jika wedang cemoe ini di nikmati saat anda dan keluarga sedang santai di rumah atau ketika nonton tv bersama. yuk kita simak cara pembuatan wedang cemue di bawah ini

Bahan Kuah :
-150 gram jahe (dibakar lalu memarkan)
-150 gram gula pasir
-50 gram gula merah
-5 cm kayu manis
-2 lembar daun pandan
-1 ½ liter santan kelapa
-¼ sendok teh garam

Bahan Pelengkap :
-100 gram kacang tanah (disangrai dan buang kulit arinya)
-4 lembar roti tawar (buang kulitnya kemudian potong kotak-kotak)
-Bawang merah goreng untuk taburan

Cara Membuat Wedang Cemoe :
-Rebusan santan, kayumanis, jahe, daun pandan, gula pasir, gula merah dan garam sambil diaduk hingga mendidih dan wangi kemudian angkat dan saring.
-Siapkan mangkok saji, beri irisan roti kemudian tuangkan kuah santannya. 
-Taburi atasnya dengan kacang tanak dan bawang merah goreng kemudian sajikan selagi masih panas.
-Nikmati wedang cemoe ini saat sudah hangat.

Demikianlah resep praktis wedang cemue khas ngawi, kini anda bisa membuatnya di rumah. jangan lupa untuk ikuti terus kompilasitutorial.com karena akan hadir resep masakan nusantara, obat herbal dan lain sebagainya. 

0 komentar:

Post a Comment

silahkan di share