CARA PRAKTIS MEMBUAT LEDRE KHAS NGAWI YANG SUPER RENYAH | KOMPILASITUTORIAL.COM

Kompilasitutorial.com -Lendre memang termasuk ke dalam salah satu makanan khas Bojoneoro, namun siapa sangka bahwa jajanan ini juga masuk kedalam makanan khas Ngawi. Bentuknya  gapit/gulungan dengan aroma pisang raja yang manis. Makanan ringan ini  sangat cocok sebagai teman minum teh, sajian tamu maupun oleh-oleh. Di Ngawi kehadiran ledre memang sudah ada sejak lama tapi tidak bisa di pastikan di mana dulu ledre ini muncul anatara di Ngawi dan Bojonegoro. jika dibandingkan ledre khas Ngawi dan Bojonegoro pasti ada perbedaan yang menjadi ciri khas masing-masing kota. Sekarang ini ledre sudah berkembang dan rasa yang ada pada ledrepun sudah bervariasi. Di  beberapa tempat, kue ini sering disebut kue semprong karena bentuknya yang mirip dengan tabung kaca yang terdapat  di lampu teplok. Semprong digunakan untuk melindungi api dari angin. jika anda ingin membuat ledre silahkan anda untuk ikuti langkah di bawah ini

Cara membuat Ledre Khas Ngawi
BAHAN:
-250 gr tepung ketan
-1 btr kelapa agak muda, parut kasar
-5 bh pisang raja, lumat kasar
-250 ml air
-1 sdt garam
-100 gr gula
-1/2 sdt vanili tabur
-gula pasir secukupnya

CARA MEMASAK
-Rebus  gula, garam, dan vanili dengan 250 ml air hingga larut.
-Masukkan  parutan kelapa muda, aduk-aduk. Matikan api.
-Selagi  masih panas, masukkan tepung ketan sehingga membentuk adonan kental.
-Siapkan   wajan anti lengket, olesi dengan mentega tipis-tipis. Beri 2 sendok   adonan, tekan-tekan dengan punggung sendok hingga tipis (ketebalan  1/2  cm). Beri 1-2 sdm pisang yang telah dilumatkan. Ratakan, taburi  dengan  gula pasir. Tutup wajan agar pisang matang.
-Bila  bagian bawah sudah berkerak agak gosong, lipat ledre. Sisihkan.
-Lakukan  hingga semua adonan habis. sajikan.

TIPS & TRIK:
-Sebelum  diparut kelapa dikerok dulu kulit arinya ya.
-Pisang   raja pilih yang benar-benar matang. Kalau tidak, pisang biasanya   berasa sepet, kelat di lidah. Jadi kalau tidak ada pisang raja masak   pohon, mending pakai pisang kepok.
-Tepung   ketan usahakan hasil gilingan baru. Kalau ada tempat penggilingan   dekat kita asik. Bisa numpang digilingkan agak kasar, jangan yang   lembut banget. Jadi masih ada butiran-butirannya gitu. Atau bisa  saja  kita buat sendiri, gunakan saja food processor.
-Porsi  tepung ketan bisa ditambah atau dikurangi tergantung tingkat  kekeringan tepung. Yang penting adonan bisa kental.

 nah itu tadi cara membuat ledre khas ngawi yang hampir sama dengan ledre khas bojonegoro. ikuti terus kompilasitutorial.com karena akan update setiap harinya artikel yang berkualitas mengenai resep masakan , info kesehatan khususnya obat herbal.

baca juga :  cara mudah membuat lethok yang super nikmat

0 komentar:

Post a Comment

silahkan di share