Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

CARA PRAKTIS MEMBUAT LETHOK KHAS KABUPATEN NGAWI JAWA TIMUR YANG NIKMAT

Kompilasitutorial.com -Asal usul Kata Ngawi berasal dari kata awi, bahasa Jawa Kuno yang berarti bambu dan mendapat imbuhan kata ng sehingga menjadi Ngawi yang dahulu banyak pohon bambu. Ngawi terletak di wilayah barat Provinsi Jawa Timur yang berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Tengah. Jika anda sedang berlibur di ngawi jangan lupa untuk mencicipi kuliner yang satu ini. kuliner yang satu ini menjadi salah satu makanan khas ngawi, tampilannya yang sederhana namun rasanya sungguh nikmat.Lethok namanya, dengan nama lain sambal tumpang. lethok ini menggunakan bahan utama tempe semangit, yaitu tempe yang sudah difermentasikan lebih, tetapi belum berbau busuk. dengan perpaduan kencur dan daun jeruk membuat aroma yang di miliki lethok sangat menggoda. Jika anda ingin membuatnya di rumah, silahkan untuk mengikuti resep yang kami sajikan di bawah ini.

Cara praktis membuat lethok khas ngawi
Bahan-Bahan :
-Tempe Mentah (segar)
-Tempe medem (setengah busuk) sedikit saja
-Santan Kelapa
-Bisa juga tambahkan tahu goreng, daging ayam atau tulang ayam potong kecil-kecil

Bumbu-Bumbu :
-Garam
-Gula
-Penyedap Rasa
-Cabai (sesuai selera)
-Bawang merah
-Bawang putih

Bumbu Tambahan:
-Daun salam
-Lengkuas
-Daun Jeruk Purut / Jeruk pecel
-Bawang Merah Goreng Secukupnya.

Cara Membuat :
-Haluskan semua bumbu (usahakan dengan cobek/layah : jawa), kemudian tumis di wajan dan tambahkan garam, gula penyedap rasa secukupnya.
-Setelah bumbu tercium bau harum, masukkan sedikit air ke wajan dan biarkan tercampur dengan bumbu yang ditumis tadi. Kemudian masukkan daging ayam, tempe mentah (segar) dan tempe medem (busuk) dan tunggu sampai tempe mentah (segar) lunak / empuk.
-Setelah tempe mentah (segar) lunak/empuk, ambil kemudian haluskan dengan menggunakan cobek / layah (jawa).
-Setelah tempe terasa halus, masukkan kembali ke wajan tempat memasak tadi jangan lupa masukkan daun salam, lengkuas yang dimemarkan/dikeprek, serta Daun Jeruk, masak hingga mendidih.
-Setelah mendidih, hidangkan di mangkok atau tempat sayur dan diatasnya taburi bawang merah goreng.

nah itu tadi makanan khas ngawi lethok yang sudah terkenal, sekarang anda bisa membuatnya di rumah buat hidangan keluarga.  ikuti terus kompilasitutorial.com karena akan kami bahas berbagai macam resep masakan nusantara dan berbagai macam obat herbal rumahan.

Post a Comment for "CARA PRAKTIS MEMBUAT LETHOK KHAS KABUPATEN NGAWI JAWA TIMUR YANG NIKMAT"

close