Meskipuan Dengan bau yang Tidak Sedap, Inilah Manfaat Buah Mengkudu yang Berkhasiat Untuk kesehatan | kompilasitutorial.com

Kompilasitutorial.com -Mengkudu (Morinda citrifolia) atau keumeudee (Aceh); pace, kemudu, kudu (Jawa); cangkudu (Sunda); kodhuk (Madura); tibah (Bali) berasal daerah Asia Tenggara, tergolong dalam famili Rubiaceae. Nama lain untuk tanaman ini adalah noni (Betawi,Hawaii), nono (Tahiti), nonu (Tonga), ungcoikan (Myanmar) dan ach (Hindi). Tanaman ini tumbuh di dataran rendah memiliki bunga bongkol berwarna putih. Buahnya merupakan buah majemuk, yang masih muda berwarna hijau mengkilap dan memiliki totol-totol, dan ketika sudah tua berwarna putih dengan bintik-bintik hitam. secara keseluruhan mengkudu merupakan buah makanan bergizi lengkap. Zat nutrisi yang dibutuhkan tubuh, seperti protein, viamin, dan mineral penting, tersedia dalam jumlah cukup pada buah dan daun mengkudu. Selenium, salah satu mineral yang terdapat pada mengkudu merupakan antioksidan yang hebat. Di bawah ini kita akan bahas beberapa manfaat dari buah mengkudu atau pace. 


-Meningkatkan kesehatan otak
Buah mengkudu diketahui dapat mencegah sel otak mati dengan menunjang kesehatan mitokodria. Selain itu juga dapat memerangi stres oksidatif yang membahayakan neuron dan juga dapat membantu dalam perawatan depresi

-Menurunkan risiko encok
Encok adalah sejenis arthritis yang disebabkan oleh penumpukan kristal asam urat di persendian. Beragam penelitian telah menunjukkan bahwa jus mengkudu dapat mengurangi konsentrasi asam urat dalam darah, sehingga menurunkan risiko encok.

-Menguatkan rambut
Senyawa gliserol dan asam butirat pada buah mengkudu berperan dalam kesehatan rambut. Dan asam lemak dalam jus memperkuat folikel rambut dan membantu mengatasi masalah terkait seperti rambut rontok dan dapat ketombe.

-Mencegah kanker
Buah mengkudu mengandung beragam antioksidan yang mampu memerangi risiko Anda terhadap kanker. Buah mengkudu telah menunjukkan sifat stimulasi kekebalan tubuh dan bersifat melawan tumor. National Cancer Institute juga telah mendanai penelitian awal tentang manfaat buah untuk pencegahan dan pengobatan kanker payudara.

-Menyehatkan kulit
Sifat analgesik pada buah mengkudu berperan besar dalam meningkatkan kesehatan kulit. Juga kaya akan asam lemak esensial yang dapat memperbaiki fungsi membran sel, sehingga meningkatkan kesehatan kulit. Sel kulit mulai mudah menyerap nutrisi dan juga mengeluarkan racun yang mungkin mengganggu fungsi sel.

-Menurunkan demam
Studi menunjukkan bahwa jus pace memiliki khasiat antivirus dan membantu menyingkirkan batuk, menurunkan demam, dan mengobati badan pegal linu.

-Baik untuk kesehatan jantung
Penelitian menemukan bahwa buah mengkudu dapat menurunkan kadar kolesterol dan dapat mengobati penyakit kardiovaskular termasuk tekanan darah tinggi, ateroskerosis dan penyakit jantung.

-Mengatasi arthritis
Jika Anda menjalani gaya hidup sehat dan minum jus mengkudu setiap hari, Anda bisa mengurangi rasa sakit yang diakibatkan arthritis hingga seminimal mungkin.

nah itu tadi beberapa manfaat dari buah pace atau mengkudu atau noni dan masih banyak lagi yang lainnya. jangan lupa untuk hidup sehat dengan konsumsi jamu herbal yang ada di sekitar kita. selamat mencoba

0 komentar:

Post a Comment

silahkan di share