CARA MEMBUAT SEBLAK BANDUNG YANG PENUH CITA RASA SANGAT NIKMAT

kompilasitutorial.com ~ seblak adalah makanan yang terbuat dari kerupuk yang di rebus kemudian di campur dengan racikan cabe, bawang putih , garam dan lain sebagainya. biasanya seblak di beri tambahan sayuran serta topping lain seperti potongan ayam, batagor dan lain lain. ada dua jenis seblak, yaitu basah dan kering. akan tetapi yang terkenal di bandung adalah seblak basah. anda bisa menemukan makanan khas bandung ini di jalan purnawarman, jalan tamansari dan jalan braga. untuk harganya relatif sangat murah, silahkan anda datang sendiri dan cicipi rasanya yang gurih. jika anda ingin membuatnya sendiri silahkan ikuti uraian resep di bawah ini

Resep seblak bandung yang nikmat
Bahan-Bahan: 
-1 buah paha ayam, direbus, disuwir 
-50 gram makaroni 
-150 gram kerupuk putih 
-4 buah sosis, dipotong-potong 
-2 lembar kol, diiris 
-5 buah bakso, diiris tipis 
-50 gram kwetiau 
-1 butir telur, dikocok lepas 
-2 batang caisim, dipotong 2 cm 
-1/4 sendok teh merica bubuk 
-1 batang daun bawang, diiris 
-2 sendok teh garam 
-50 gram taoge 
-1/4 sendok teh gula pasir 
-600 ml air 
-2 sendok makan minyak untuk menumis 

Bumbu yang Dihaluskan: 
-2 cm kencur 
-2 siung bawang putih 
-3 butir bawang merah 
-4 buah cabai merah keriting

Langkah-langkah:
-Persiapan pertama yang akan dapat anda lakukan adalah dengan terlebih dahulu merendam makaroni dalam sebuah wadah. Cara ini dilakukan agar nantinya bahan makaroni menjadi lebih mengembang dan lebih lunak sehingga mudah disantap. 
-Rebus pula paha ayam dalam panci sampai matang dan taburi dengan garam. Lalu aduk dengan merata dan masak sajian ini dengan merata. Angkat apabila sudah matang lalu kemudian silahkan suwir-suwir sajian ini dengan ukuran lebih kecil dengan merata. 
-Kemudian setelah itu, rendam pula kerupuk putih dalam wadah dan biarkan sajian ini agar lebih lunak seperti anda merendam makaroni dengan merata. Nah, setelah semua persiapan ini dilakukan maka langkah selanjutnya anda akan dapat membuat sajian kali ini.  
-Untuk membuat seblak Bandung anda akan dapat melakukannya dengan terlebih dahulu menyiapkan sebuah wajan diatas kompor. Lalu kemudian panaskan minyak kedalamnya dan tunggu sampai minyak matang dan merata. 
-Setelah itu, anda akan dapat menuangkan bumbu halus kedalamnya dan aduk-aduk sampai merata hingga tercium bau harum yang enak dan mantap. Kepinggirkan bumbu tumisan dengan menggunakan spatula.  
-Lalu masukkan telur kedalamnya dan aduk-aduk sajian ini sampai berbutir dan telur menjadi lebih matang dan kasar. Baru kemudian masukkan suwiran ayam kedalamnya dan aduk kembali dengan merata.  
-Masukkan potongan bakso sapi kedalam tumisan bersama dengan sosis dan aduk-aduk dengan merata semua sajian ini agar tercampur. Lalu kemudian masukan caisim kedalamnya bersama dengan taoge dan aduk dengan merata.  
-Tuangkan makaroni yang sudah direndam bersama dengan kerupuk dan juga kwetiau. Lalu kemudian aduk-aduk semua sajian ini denga merata hingga sempurna. Baru kemudan bubuhi dengan garam dan berikan merica bubuk kedalamnya.  
-Tuangkan air bersama dengan gula pasir dan aduk-aduk merata semua sajian ini. Masak sajian ini hidangan matang dan berkuah. menjelang diangkat silahkan masukkan daun bawang kedalamnya dan aduk dengan merata.  

nah itu tadi cara mudah membuat seblak bandung yang nikmat tiada tara, kini anda bisa membuatnya di rumah. selamat mencoba

0 komentar:

Post a Comment

silahkan di share