cara membuat lemang / leumeung khas lebak banten yang paling lezat

kompilasitutorial.com ~ makanan khas dari banten khususnya dari daerah malingping lebak banten adalah lemang atau leumeung. makanan ini terbuat dari beras ketan yang sudah di beri bumbu yang sudah di beri santan kelapa dan di masak dengan cara di masukkan ke dalam bilah bambu dan di bakar dengan perapian hingga matang. kuliner ini akan terasa nikmat jika di santap dalam keadaan hangat saat bambu baru di belah. harga lemang ini terbilang murah yaitu seribu per potong, jika per bambu berkisar antara 7 ribu hingga 15 ribu. lemang ini sangat mudah unutk di dapatkan, jadi anda jangan khawatir. apakah anda tertarik untuk mencoba membuatnya? ikuti resep di bawah ini cara mudah membuat lemang / leumeung yang paling lezat. simak yuk resepnya

resep mudah membuat leumeung / lemang khas banten
Bahan-Bahan:
-1 kg beras ketan
-1 liter santan kelapa
-1 tangkai daun pisang, ambil daunnya
-Garam halus secukupnya
-2 batang buluh bambu

cara membuat lemang khas banten yang paling enak:
-Cucu Beras Ketan kemudian rendam ketan dalam air pakai wadah/panci
-Tambahkan santan kelapa dan garam dapur ke dalam beras ketan yang direndam
-Siapkan bambu yang sudah dibersihkan bagian dalamnya lalu lapisi bagian dalam bumbu dengan daun pisang
-Masukkan beras ketan yang telah diberi santan kedalam bumbu, Namun jangan terlalu penuh. kira-kira 3/4 bagiannya saja.  lalu tutupi bagian atas bumbu dengan daun pisang.
-Nyalakan api bisa menggunakan api kayu bakar atau arang untuk membakar bumbu yang sudah berisi adonan, bakar adonan lumeung sampe matang, Namun kamu harus membolak balikan bumbu sesekali agar matang secara merata. 

0 komentar:

Post a Comment

silahkan di share