CARA MUDAH MEMBUAT KUE RANGI BETAWI KHAS JAKARTA YANG MANIS

kompilasitutorial.com ~ kuliner khas betawi jakarta yang selanjutnya adalah kue rangi. kue rangi merupakan salah satu kue tradisional dari betawi. sesuai namanya, kue ini terbuat dari tepung kanji atau tepung sagu. selain berbahan dasar tepung kanji, kue ini mempunyai bahan lain seperti kelapa parut panggang yang di masak dengan cara di panggang. kue ini di sajikan bersama olesan gula merah yang di beri tambahan tepung kanji agar sedikit kental. jika di makan, kue ini mempunyai cita rasa yang gurih dan manis. kue ini hampir mirip degan kue pancong, yang membedakan kue ini dari tekstur , rasa dan bahan yang di gunakan. untuk bentuknya, sesuai yang anda inginkan jika anda membuatnya di rumah. untuk resepnya sudah kami sedikan di bawah ini.

Resep kue rangi betawi yang manis
Bahan rangi:
-200 gr kelapa sedang parut kasar dengan parutan wortel.
-300 gr tepung sagu tani
-1 sdt garam
-100 ml air kelapa/ air biasa jika tdk ada
-Vanili

Bahan saus gula merah :
-150 gr gula merah
-250 ml air
-Pandan seikat saja
-3 sdm munjung sagu tani larutkan dengan 4 sdm air
-Gula putih untuk tambahan

cara membuat kue rangi betawi yang manis:
-Campur kelapa parut, sagu tani, air,garam,vanili,aduk hingga berbulir-bulir kasar,sisihkan
-Siapkan wajan teflon,ambil satu genggam adonan rangi,tekan-tekan dengan punggung sendok.masak dengan api kecil,jika sudah setengah matang tutup panci,masak hingga matang,tidak perlu dibalik
-Siapkan saus gula merah : masak gula merah, air,daun pandan sampai gula larut. Tambahkan gula putih jika suka manis,beri larutan sagu,masak sampai mengkilap,aduk rata. 
-Angkat sajikan dengan kue rangi selagi hangat.

0 komentar:

Post a Comment

silahkan di share