Cara Membuat Naniura Khas Batak Sumatera Utara Sajian Ikan Tanpa di Masak

kompilasitutorial.com ~ di tapanuli propinsi sumatera utara ada masakan yang menggunakan bahan dasar ikan tapi uniknya tanpa di masak. jika di negara jepang, ada yang namanya sashimi yaitu ikan mentah yang bisa langsung di makan yang menggunakan kecap asin, wasabi serta parutan jahe. jika di tapanuli medan ada naniura, dan dari segi namanya mirip dengan kuliner khas jepang. tapi kuliner ini asli dari indonesia yang menggunakan bahan dasar ikan mas. naniura merupakan masakan khas indonesia dari ikan mas yang di asami. pada zaman dahulu, naniura hanya di sajikan untuk raja dan para bangsawan dan orang yang memasaknya harus yang ahli di bidangnya bukan sembarang orang boleh memasaknya. untuk saat ini, kuliner ini bisa di nikmati oleh siapa saja. naniura mempunyai cita rasa ketir di mulut, dan biasanya di tapanuli orang biasanya mengkonsumsinya dengan tuak dan minuman bersoda. jika anda penasaran untuk membuatnya, di bawah ini sudah kami sediakan resepnya. caranya sangat mudah banget, simak yuk resepnya

cara mudah membuat naniura khas batak
Bahan-bahan:
-2 kg ikan mas
-2 genggam cabe rawit dan merah (campur)
-1,5 sdm ketumbar
-1/2 sdm garam
-5 batang kunyit ukuran sedang
-2 genggam bawang merah
-3 sdm andaliman
-2 siung bawang putih
-8 buah asam jungga (nipis juga boleh)
-2 ikat rias

cara mudah membuat naniura khas batak:
-Bersihkan ikan mas, dan buang sisiknya. Kemudian belah 2 ikan mas (seperti potong fillet). pisahkan dari duri dan kepalanya, Bisa juga belahannya tidak sampai terpisah.
-Goreng sebentar semua bahan kecuali garam, asam jungga, batang rias dan andaliman. Kemudian haluskan semua bahan dengan di ulek.
-Rebus batang rias hingga lembek. Kemudian ulek dan peras untuk mengambil airnya.
-Peras semua asam jungga (jeruk nipis) dan saring.
-Setelah semua bumbu sudah halus, masukkan kedalam wadah tempat ikan yang sudah dicuci bersih, kemudian aduk dengan tangan hingga merata. Masukkan garam. Terakhir, tes rasa. Jika sudah pas, maka ikan naniura khas batak sudah bisa dihidangkan. 

0 komentar:

Post a Comment

silahkan di share