Cara Membuat Arsik Ikan Mas Batak Khas Medan yang Mudah

kompilasitutorial.com ~ makanan khas dari tapanuli yaitu arsik ikan mas. kuliner ini mempunyai bahan dasar dari ikan mas atau bisa juga menggunakan ikan jenis lainnya. nama arsik sendiri di temukan suku batak dan mempunyai nama lain yaitu ikan mas bumbu kuning. hal ini di karenakan menggunakan bumbu yang berwarna kuning. bumbu arsik sendiri menggunakan perpaduan dari asam cikala/ buah kecombrang dan andaliman, lengkuas dan serai serta rempah lainnya serta di baluskan ke seluruh ikan sampai ke dalam. dalam proses membuatnya, sisik ikan tidak perlu di buang dan hal ini yang menjadi keunikan tersendiri. jika sudah siap, ikan di goreng pada api kecil sampai agak mengering. arsik ikan mas paling enak di temani dengan nasi yang masih hangat. berniat untuk mencobanya? tenang saja, di bawah ini sudah kami siapkan cara mudah membuat arsik ikan mas. simak yuk resepnya 

cara membuat arsik ikan mas khas batak:
-1 ekor ikan mas ukuran sedang 
-2 ikat kacang panjang 
-1/2 ons andaliman 
-3 ikat bawang medan (lokio) 
-10 buah cabe keriting merah 
-2 lembar daun kunyit 
-5 siung bawang merah 
-5 buah cabe rawit merah 
-3 ikat bawang medan (lokio) 
-2 buah bunga kecombrang 
-7 buah asam cikala 
-4 lembar daun jeruk 
-5 buah kemiri 
-5 potong asam kandi garam secukupnya 
-3 batang sereh 
-8 cm lengkuas 
-lada halus secukupnya 
-gula secukupnya 

Cara membersihkan ikan mas: 
Hal pertama yang bisa anda lakukan terlebih dahulu adalah dengan memasukan ikan mas pada wadah dan segera ambil ikan ke tempat cucian. Lalu kita bersihkan terlebih dahulu ikan dengan air bersih dan kita bersihkan pula sisik dan insang ikan hingga bersih. Untuk membersihkan sisik ikan anda bisa melakukannya dengan menggunakan sendok dan menyisik ikan dengan arah berlawan dengan sisik ikan. Sementara untuk insang silahkan bersihkan insang ikan dengan menggunakan tangan dan buang insangnya. Setelah ikan dibersihkan, tiriskan airnya dan ambil ikan ke tempat yang bersih dengan dialasi menggunakan daun pisang atau alas yang bersih. Lalu berikan perasan jeruk nipis dan garam dan lumuri semua bagian ikan secara merata secara keseluruhan dan diamkan selama kurang lebih 10 menit agar meresap. 

cara membuat arsik ikan mas:
Pertama kita awali dengan menghaluskan bumbu dengan menggunakan ulekan bumbu tersebut diantaranya adalah cabai merah, garam, dan berikan perasan air jeruk nipis. Ulek jangan terlalu halus namun tidak terlalu kasar. Setelah diulek, masukkan pula bawang merah, bawang putih, kemiri, andaliman dan kunyit hingga halus. Setelah semua bumbu dihaluskan, berikan sedikit air dan aduk-aduk secara merata. Setelah itu masukkan bumbu halus ini pada ikan termasuk kedalam perut ikan yang bagian bawahnya telah disayat. Pastikan semua bumbu dilumuri pada badan dan bagian permukaan ikan secara merata. Masukkan juga semua bahan sisa diatas bagian permukaan ikan secara merata seperti bawang medan, onje, serai, daun kunyit dan lengkuas. Selanjutnya, siapkan panci dan masukkan kacang panjang sebagai dasar, lalu masukkan semua bumbu yang kita lumuri pada ikan. Lalu masukkan ikan beserta bumbu-bumbunya kedalam panci yang telah kita siapkan. Berikan air secukupnya dan masak ikan hingga matang. Berikan garam dan bumbu lalu masak hingga kuah mengental dan matang. Tambahkan daun jeruk dan cabai rawit dan masak hingga layu dan matang.

0 komentar:

Post a Comment

silahkan di share