Cara Membuat Dadiah Sedapnya Yogurt Tradisional Khas Minang

kompilasitutorial.com ~ kuliner dari batu sangkar yang satu ini mempunyai cita rasa yang gurih sehingga banyak masyarakat yang menyukainya, nama kuliner ini adalah dadiah. kuliner ini mempunyai bahan dasar susu murni kerbau yang di fermentasi ke dalam tabung bambu, oleh karena itu menjadikannya rasa yang lezat dengan aroma yang mantap. dadiah ini di hidangkan dengan ampiang dan gula enau yang mempunyai rasa yang manis dan legit.dadiah mempunyai banyak nutrisi yang di percaya mampu menurunkan kolestrol dalam tubuh dan tekanan darah tinggi. selain itu juga, dadiah dapat memacu kerja jantung serta menambah stamina dan daya tahan tubuh. jika di lihat dari fisiknya, kuliner ini mirip dengan bubur sumsum akan tetapi rasa dan cara membuatnya sangat berbeda. untuk membuatnya sangat mudah, di bawah ini sudah kami sediakn resep dadiah berserta ampiang yang perlu di coba.

Resep membuat dadiah kuliner khas minang
Bahan Dadiah:
-Susu kerbau
-Tabung bambu
-Daun waru atau daun pisang

Cara Membuat dadiah yogurt tradisional khas minang :
-Masukan susu ke dalam tabung bambu berukuran sekitar 15-20 cm kemudian ditutup dengan daun pisang atau daun waru.
-Diamkan dalam suhu ruang hingga 2-3 hari. Masa ini cukup untuk merubah susu dari cair hingga mengental menjadi Dadiah.
-Dadiah yang sudah membeku tersebut, jika dibalik tidak akan tumpah. Ia sudah melekat dalam bambu. Dadiah baik digunakan dalam rentang waktu paling lama satu minggu sejak susu dimasukkan ke dalam tabung bambu.

Bahan Menyediakan Ampiang Dadiah :
-2 sendok makan ampiang putih.
-2 sendok makan Dadiah.
-Gula merah cair secukupnya.

Cara membuat ampiyang dadiah khas minang :
-Ampiang direndam dengan air bersih sampai lunak (jangan terlalu lama, agar tidak terlalu lembek). Sebagian ada yang tidak direndam, cukup disiram dengan air hangat, agar tidak terlalu keras dan kaku.
-Tambahkan dadiah dan gula merah.
-Siap disajikan.

0 komentar:

Post a Comment

silahkan di share