Cara Membuat Pangek Simawang Khas Batusangkar Tanah Datar Sumatera Barat

Kompilasitutorial.com ~ makanan khas dari batu sangkar tanah datar sumatera barat yang satu ini memamng tidak kalah dengan yang lainnya. nama dari kuliner yang di maksud adalah pangek simawang, selain mempunyai cita rasa yang gurih dan enak juga mempunyai gizi yang bagus untuk tubuh kita. pangek simawang mempunyai bahan dasar ikan sasau dari danau singkarak atau bisa di ganti dengan ikan nila dan lainnya, sedangkan kuahnya berasal dari berbagai macam rempah seperti ketumbar, asam kandis, bawang merah, cabai dan bawang putih. bumbu gulai mempunyai cita rasa asam manis yang membuat lidah anda cetar membahana, daging ikan pun mempunyai tekstur empuk dan lembut. apakah anda tertarik untuk mencicipi kuliner yang satu ini? silakan mampir ke batu sangkar tanah datar, karena banyak warung makan yang menjual kulier yang satu ini. jika anda lebih tertarik untuk membuatnya dirumah, jangan khawatir. di bawha ini sudah kami sediakan resep untuk membuat pangek simawang yang pastinya enak. simak yuk resepnya

Resep pangek simawang yang mudah dan enak
bahan-bahan:
-ikan bilih (bisa diganti dengan ikan nila atau ikan lainnya)
-1 buah jeruk nipis
-Garam secukupnya

Bahan bumbu halus:
-3 siung bawang putih
-6 butir bawang merah
-Cabai merah keriting secukupnya (sesuai selera)
-2 buah kemiri, sangrai
-2 cm kunyit
-1 cm jahe
-2 cm lengkuas

Bahan lainnya:
-400 ml santan
-5 buah cabai rawit
-1 lembar daun kunyit
-2 lembar daun jeruk
-2 batang serai, memarkan
-1 buah asam kandis
-Garam secukupnya
-1/2 sdt gula pasir

cara membuat pangek simawang yang enak:
-bersihkan ikan nila kemudian lumuri dengan air perasan jeruk nipis dan garam hingga rata. Diamkan selama 15 menit. Bilas kembali hingga bersih dan sisihkan. Siapkan panci berukuran besar, kemudian dalam panci rebus santan bersama bumbu halus, daun kunyit, daun jeruk, serai, dan asam kandis. Masak hingga mendidih sambil sesekali diaduk agar santan tidak pecah.
-Setelah bau langu bumbu berkurang, masukkan ikan. Masak hingga mendidih sambil sesekali diaduk perlahan. Anda bisa menambahkan kacang panjang, nangka muda, ataupun ubi batang sebagai tambahan pangek. Menjelang matang, masukkan cabai rawit utuh dan asak hingga mengental dan semua bahan matang. 

Tipsnya : saat mengaduk kuah, pastikan aduk perlahan agar ikan tidak hancur dan tetap mengaduk santan agar tidak pecah santan. 

0 komentar:

Post a Comment

silahkan di share