Cara Membuat Itiak Lado Mudo ( Itik Cabe Hijau ) Khas Agam Sumatra Barat

kompilasitutorial.com ~ kuliner yang satu ini sudah terkenal di wisatawan domestik maupun mancanegara dan sudah menjadi menu wajib untuk di cicipi saat berkunjung ke sumatera barat. nama kuliner ini adalah itiak lado mudo atau itik cabe hijau yang tepatnya berada di kecamatan IV koto. untuk mendapatkan kuliner ini, anda harus antri dengan sabar karena banyak warung yang menjajakan kuliner pasti penuh sesak dengan wisatawan yang mau mencicipi kuliner ini. namun, banyak pengunjung yang merasa kecewa karena tidak sedikit pelanggan yang tidak kebagian alias kehabisan menu yang satu ini. kelebihan itiak lado mudo ini adalah anda tidak akan merasakan bau amis pada daging itik serta cabe hijau yang terkesan sangat pedas terasa pas dengan racikan bumbu yang di racik kokinya. apakah anda tertarik untuk mencicipinya? silahkan anda datang ke agam sumatera barat dan anda harus sabar antri ya. jika anda tidak ingin kecewa karena kehabisan, anda juga bisa membuatnya di rumah. di bawah ini sudah kami sediakan resep membuat itiak lado mudo. simak yuk resepnya

Resep itiak lado mudo yang bikin ngiler
Bahan-bahan:
-1 kg daging bebek
-600 ml air kelapa tua

Bumbu halus:
-1/4 kg cabe keriting muda (masih hijau)
-1/2 ruas jari kunyit
-7 buah bawang merah
-2 siung bawang putih
-2 ruas jari jahe
-3 ruas jari lengkuas
-1 sdt ketumbar
-2 buah kemiri

Bumbu lainnya:
-2 sdm garam (sesuai selera)
-1 sdm gula pasir (sesuai selera)
-3 lembar daun salam
-3 lembar daun jeruk
-1 batang serai
-2 buah asam kandis (sesuai selera)
-1 lembar daun kunyit

cara membuat itiak lado mudo khas agam:
-Haluskan cabe keriting dan kunyit lalu pisahkan. Haluskan bumbu lainnya.
-Tumis bumbu halus selain cabe hijau, tambahkan daun kunyit, daun salam, daun jeruk, dan batang serai hingga tercium harum. Lalu masukkan daging bebek, dioseng sebentar.
-Tambahkan setengah cabe yang telah dihaluskan sambil dioseng
-Tambahkan air kelapa (air kelapa yang sudah tua). Air kelapa membuat masakan lebih gurih. Bisa diganti dengan air biasa. Panaskan hingga mendidih dengan api sedang.
-Setelah daging terasa agak empuk, masukkan seluruh cabe yang telah dihaluskan tadi. Masukkan juga gula, garam, dan asam kandis. Jumlah gula dan garam bisa diatur sesuai selera. Kecilkan api hingga daging empuk dan kuah mengental.
-Itiak lado mudo siap dinikmati 

0 komentar:

Post a Comment

silahkan di share