Cara Membuat Kopi Kawa Daun Khas Bukittinggi yang Benar

Kompilasitutorial.com
~ menurut sejarah, munculnya minuman unik khas sumatera barat ini merupakan dampak dari penjajahan kolonial belanda. pada masa penjajahan, semua hasil kopi di ekspor ke luar negeri karena kopi merupakan komoditi ekspor yang bernilai tinggi di eropa. sehingga semua hasil panen kopi di ekspor melalui pengumpulan gudang kopi dan tidak meninggalkan sebijipun untuk kaum pribumi. oleh karena itu, untuk mencicipi secangkir kopi warga pribumi berinisiatif menyeduh daun kopi yang di percaya mengandung kafein. cara mengolahnya hampir sama dengan daun teh. kawa daun mempunyai cita rasa seperti perpaduan antara teh dan kopi, dengan aroma yang ringan dan lembut serta mempunyai warna yang lebih jernih dari kopi. untuk wadahnya sendiri menggunakan tempurung kelapa yang di beri tatakan bambu. minuman ini cocok di nikmati ketika cuaca dingin, dengan di temani gorengan yang membuatnya semakin nikmat. untuk membuatnya juga sangat mudah, di bawah ini sudah ada 2 cara membuat kawa daun yang pastinya enak.

ada 2 cara membuat kawa daun khas bukittinggi:
-daun kopi di keringkan kemudian di sangrai selama 12 jam. ketika akan di sajikan, daun yang di sangrai ini akan di campur dengan air dingin lalu di jerang hingga airnya mendidih.
-daun kopi di asapi hingga menjadi kering, kemudian di siram dengan air panas di sebuah tabung bumbu kemudian di tambahkan gula

0 komentar:

Post a Comment

silahkan di share