Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Kue Gandus khas Muara Bungo Jambi

kompilasitutorial.com
~ makanan khas yang satu ini pastinya harus anda masukkan daftar list jika anda sedang berkunjung ke daerah muara bungo jambi. makanan ini termasuk kue basah, nama makanan ini adalah gandus. gandus mempunyai bahan dasar dari tepung beras serta di kombinasikan dengan santan, garam dan lain sebagainya. kue gandus ini mempunyai cita rasa yang manis gurih. apalagi di tambahkan ebi yang akan membuat rasanya tak terlupakan. makanan ini termasuk jajanan pasar sehingga anda bisa mendapatkan ini dengan mudah. untuk cara membuatnya sendiri juga terbilang mudah, serta dengan bahan yang lumayan mudah untuk di dapatkan dan murah pastinya. anda juga bisa membuat makanan ini di rumah sebagai sajian istimewa untuk keluarga anda tercinta. untuk resepnya anda tenang saja, kami akan kupas tuntas tentang bahan serta cara membuatnya jadi anda tidak perlu mencari resepnya di tempat lain. anda bisa mendapatkan resepnya di bawah ini jadi simak yuk resep cara membuat gandus khas muara bungo jambi ini
Resep kue gandus khas muara bungo

Bahan-bahan Utama:
-250 gr – tepung beras
-1000 ml santan kelapa
-½ sdt garam dapur

Bahan Bumbu Ebi:
-50 gr – ebi
-Setangkai daun seledri yang sudah dicincang halus
-2 sdm remahan bawang goreng

Cara Membuat Kue Gandus Khas Jambi
-Campurkan bahan berupa tepung beras dan garam, lalu aduklah rata kedua bahan tersebut. Setelah itu tambahkan santan kelapa. Lakukan pengadukan kembali.
-Setelah selesai tuanglah adonan ke dalam loyang (berukuran 22 x 22 x 4 cm). Jangan lupa mengoles permukaan loyang dengan minyak/margarine.
-Kukus adonan tersebut hingga matang selama 15 menit. Gunakan api sedang. Selain itu ebi yang sudah disiapkan tadi sebagai bahan bumbu dimasak dengan cara diseduh terlebih dahulu untuk kemudian digoreng dan dicincang kasar.
-Setelah kue gandus khas Jambi sudah matang, taburkanlah bahan bumbu ebi yang sudah dimasak pada bagian atas kue gandus. Kukus lagi selama 15 menit sampai kue benar-benar matang. 
-Kue gandus siap disajikan. 

baca juga : cara membuat lempok durian yang legit dan manis

Post a Comment for "Cara Membuat Kue Gandus khas Muara Bungo Jambi"

close