Resep Gelamai Perentak khas Muara Bungo Jambi Anti GAGAL

kompilasitutorial.com
~ makanan khas dari muara bungo jambi yang satu ini pasti asli enak, nama makanan khas ini adalah gelamai perentak. gelamai merupakan makanan yang berupa sejenis dodol yang terbuat dari tepung ketan, santan , gula dan lain sebagainya. kue ini mempunyai cita rasa yang manis yang di dapatkan dari gula merah / aren. untuk membuatnya tidak perlu waktu yang lama, tidak seperti membuat dodol pada umumnya. gelamai dari muara bungo jambi ini berbeda dengan daerah lain, biasanya berwarna coklat akan tetapi gelamai perentak khas muara bungo jambi ini justru berwarna putih. untuk varian rasa sendiri ada beberapa yaitu rasa original, durian dan lain sebagainya. untuk cara membuatnya juga mudah, anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah ala rumahan anti gagal untuk sajian istimewa buat keluarga tercinta anda. sekarang anda bisa membuatnya sendiri, untuk caranya akan di jelaskan langkah demi langkah. simak yuk cara membuat gelamai perentak khas muara bungo jambi ini.
Resep gelamai perentak
Bahan :
-500 gram tepung ketan/tepung beras ketan
-450 ml santan kental dari kelapa tua
-200 ml santan encer dari kelapa tua
-450 gram gula merah/aren, disisir halus/dikikis
-1/2 sendok teh garam

Cara membuat :
-Rebus 450 santan kental dan setengah santan encer. Pastikan apinya sedang dan tidak terlalu besar lalu masukkan gula merah yang telah dikikis/disisir halus tadi dan juga masukkan garam secukupnya. Setelah mendidih lalu kemudian angkat.
-Kemudian sisa santan encer sebagiannya diaduk kedalam tepung ketan dan pastikan semuanya tercampur rata, lalu tuang kedalam rebusan sambil diaduk terus hingga sampai kelihatan berminyak.
-Siapkan loyang yang telah diolesi minyak goreng didalamnya, lalu kemudian tuang adonan kedalam loyang dan tunggu hingga matang.
-Setelah matang matikan api lalu tunggu sampai dingin, setelah dingin potong-potong Gelamai Perentak Jambinya.
-Sajikan. 

baca juga : cara membuat gandus yang manis gurih

0 komentar:

Post a Comment

silahkan di share