Cara Membuat Tape Ketan Anti Gagal Untuk Sajian Lebaran

Kompilasitutorial.com
~ sebentar lagi para umat muslim di seluruh dunia akan merayakan hari raya idul fitri setelah sebulan penuh menjalankan ibadah puasa. hari raya idul fitri tahun ini (2022) akan jatuh pada awal bulan mei yang biasanya masyarakat indonesia pada khususnya sudah mempersiapkan segala sesuatunya mulai dari membeli baju lebaran, menjahit kain untuk di jadikan baju lebaran, membeli emas untuk di pakai ketika lebaran, sandal, kembang api untuk persiapan takbiran, beras zakat, serta tidak ketinggalan juga makanan yang akan di suguhkan ketika ada tamu berkunjung. nah mengenai suguhan, banyak masyarakat yang membeli jadi atau jajan kering yang mampu bertahan sangat lama dan ada juga sudah mempersiapkan untuk membuat sendiri suguhan lebaran untuk menghemat pengeluaran namun repot. kerepotan ini menjadi nilai tersendiri bagi para pembuatnya karena cita rasanya yang di hasilkan. sebagian besar ada yang membuat kue kering, cake, bolu, es krim dan yang paling langka yaitu membuat tape ketan. membuat tape ketan tidak segampang yang di bayangkan. menurut mitosnya entah bener atau tidaknya namun terjadi yaitu ketika membuat tape ketan harus dengan perasaan yang gembira, jika tidak tape tidak akan jadi alias rasanya menjadi kecut, tidak matang / masih mentah berasnya. untuk itu,  disarankan untuk selalu gembira dalam bekerja, cintai pekerjaan itu. nah, di bawah ini sudah kami sediakan resep dan tips untuk membuat tape ketan yang bisa anda suguhkan ketika lebaran maupun acara tertentu yang pastinya manis anti gagal. penasaran cara membuatnya/? simak yuk cara membuat tape ketan anti gagal di bawah ini, cekidot
Resep tape ketan manis anti gagal

Bahan:
-250 gr ketan putih
-2 keping ragi tape, haluskan
-1 sdm gula pasir
-1 gelas air
-Daun pisang secukupnya
-Pewarna makanan (hijau dan pink secukupnya)

Cara membuat tape ketan manis anti gagal:
-Cuci bersih ketan, rendam dengan air yang sudah diberi pewarna selama minimal 3 jam. Setelah itu, tiriskan. Kukus selama 40 menit. Selama mengukus siram-siram dengan air setiap 10 menit sekali ( 1 gelas air dibagi untuk 3x siram ). Jangan lupa diaduk-aduk setelah disiram air.
-Setelah matang, angkat ketan, ratakan di atas tampah/ nampan yang sudah dialasi daun pisang. Biarkan sampai benar-benar dingin. JANGAN sampai tersentuh tangan agar hasil tapenya tidak terkontaminasi (kecut nanti jadinya).
-Setelah dingin, taburi dengan ragi tape dan gula pasir, aduk rata dengan centong kayu/spatula kayu. Bungkus dengan daun pisang, letakkan di toples/wadah yang tertutup rapat. Biarkan di tempat yang sejuk dan terhindar dari matahari. Biasanya 2-3 hari tape sudah jadi.

catatan:
- jika menggunakan ketan hitam, rendam semalaman, karena teksturnya lebih keras daripada ketan putih.
- Semua alat yang dipakai harus bersih (termasuk orang yang buat), jangan sampai ketan tersentuh tangan langsung, agar tidak terkontaminasi.
- jika tidak ada daun pisang, bisa langsung masukkan toples / cup plastik yang bersih lalu tutup rapat.
- Penambahan gula agar tape lebih manis, tapi jangan terlalu banyak, karena hasilnya jadi manis banget  

baca juga : cara membuat sayur asem gembira yang gurih sedap

0 komentar:

Post a Comment

silahkan di share