Cara Membuat Tongkol Balado Enak di Makan Dengan Nasi Hangat | Kompilasitutorial.com

Kompilasitutorial.com
~ Selamat datang para pecinta kuliner di manapun anda  berada. nah ini ada kabar gembira bagi anda yang suka dengan ikan tongkol apalagi dengan cita rasa yang pedas. resep masakan yang akan kami sajikan adalah tongko balado. tongkol balado terbuat dari tongkol sisik hitam bisa juga di sebut dengan tongkol hitam. tongkol hitam ini di masak dengan cara di rebus terlebih dahulu terus di goreng. untuk menghasilkan cita rasa yang pedas, di sajikan dengan sambal balado. untuk menambah kenikmatan, santap dengan nasi putih hangat. apalagi kalo di santap pada siang hari dengan cuaca yang panas akan terasa lebih mantap. jika anda suka dengan pete, anda juga bisa menambahkan untuk lalapan. di tambahkan kemangi juga bisa, itu tergantug selera anda. untuk membuat tongkol balado sangat mudah, untuk resepnya sudah kami sajikan di bawah ini. simak yuk cara membuat tingkol balado enak di makan dengan nasi hangat di bawah ini. 

TONGKOL BALADO (Tongkol Sisiak / Tongkol Hitam)
Bahan :
-1/2 Ekor ikan tongkol sisik (dagingnya saja)
-500 ml air untuk merebus / sscukupnya
-1 ruas jahe haluskan
-5 siung bwg putih haluskan
-Garam secukupnya
-Kaldu bubuk secukupnya
-Jeruk nipis secukupnya
-Tomat merah, potong2

Bumbu halus :
-100 gr cabe merah / secukupnya
-8-10 siung bawang merah
-Garam secukupnya

Cara Memasak:
1. Rebus ikan tongkol hingga empuk dengan jahe, bawang putih yang telah dihaluskan, tambahkan garam,kaldu bubuk jika suka, sisihkan.
2. Goreng ikan sebentar aja, tapi jangan sampai kering, agar daging ikan tidak keras/alot dan bumbu balado gampang meresap,sisihkan.
3. Tumis tomat hingga layu, tambahkan bumbu halus, jeruk nipis, masak hingga cabe matang. Boleh tambahkan gula/kaldu jamur jika suka
4. Koreksi rasa, campurkan dengan ikan goreng, aduk rata dan sajikan.

0 komentar:

Post a Comment

silahkan di share