Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Pindang Ikan Musi Rawas | Cara Membuat Pindang Ikan Musi Rawas khas Musi Rawas | Kompilasitutorial.com

Kompilasitutorial.com
~ Makanan ini mungkin sudah terdengar di telinga anda bagi masyarakat musi rawas, namun belum tentu di daerah lain sudah tahu tentang masakan ini. masakan ini tentunya berupa makanan khas dari daerah sumatera selatan yaitu musi rawas. musi rawas memang memang sudah terkenal dengan makanan khas yang satu ini yaitu pindang ikan. untuk jenis pindang ikan banyak sekali, akan tetapi untuk pindang musi rawas hanya ada satu yaitu di musi rawas itu sendiri di karenakan makanan ini menyebutkan nama daerah asalnya.

Ikan pindang musi rawas ini terbuat dari ikan tawar, biasanya menggunakan ikan patin. ikan patin di campur dengan kuah yang di bumbui dengan berbagai macam rempah menjadikannya menjadi makanan yang sungguh luar biasa lezatnya. jika tidak ada ikan patin, anda juga bisa menggunakan ikan air tawar lainnya. makanan ini mempunyai cita rasa yang sangat luar biasa, sekali anda mencoba makanan ini pasti akan di buat ketagihan olehnya.

Untuk membuat ikan pindang musi rawas sangat mudah, anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah meskipun anda seorang pemula sekalipun. untuk resepnya, kompilasitutorial.com sudah menyajikan resep membuat pindang ikan musi rawas yang sudah melegenda itu. untuk resep membuat pindnag ikan musi bisa anda simak di bawah ini

Resep pindang ikan musi rawas
Bahan:
-2 ekor ikan patin, potong menjadi 4 bagian
-2 batang serai, memarkan
-2 lembar daun salam
-1 cm jahe, iris halus
-1 cm lengkuas, iris halus
-2 cm kunyit bakar, iris halus
-2 buah tomat, potong-potong
-2 sendok teh garam
-1 1/2 sendok makan kecap manis
-200 gram nanas, potong kipas
-50 gram kemangi, ambil daunnya
-2 batang daun bawang, potong miring 3 cm
-1.000 ml air
-1 sendok makan air asam dari 1sendok teh asam dan 1 sendok makan air, larutkan

Bumbu halus:
-8 butir bawang merah
-3 siung bawang putih
-3 buah cabai merah besar
-2 buah cabai merah keriting

Cara membuat:
-Lumuri ikan dengan 1 sendok makan air jeruk nipis dan 1/2 sendok teh garam. Diamkan 15 menit.
-Campur ikan dengan bumbu halus, serai, daun salam, jahe, lengkuas, dan kunyit. Tuang air. Masak diatas api sedang hingga harum dan ikan berubah warna.
-Tambahkan tomat, garam, dan kecap manis. Aduk rata. Masak hingga bumbu meresap pada ikan.
-Tambahkan nanas dan air asam. Aduk hingga nanas layu.
-Masukkan daun bawang dan kemangi. Aduk rata. Masak sebentar. Angkat.

Nah sekarang sudah bisa membuat masakan yang sudah melegenda dari jaman dulu kala, kini anda bisa menyajikan makanan ini yaitu ikan pindang musi rawas untuk keluarga tercinta anda. sajikan menu spesial ini untuk keluarga tercinta, semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa untuk share

Post a Comment for "Resep Pindang Ikan Musi Rawas | Cara Membuat Pindang Ikan Musi Rawas khas Musi Rawas | Kompilasitutorial.com"

close