COKLAT TEMPE MAKANAN KHAS KEDIRI | CARA MEMBUAT COKLAT TEMPE KHAS KEDIRI JAWA TIMUR | RESEP COKLAT TEMPE KHAS KEDIRI JAWA TIMUR

Mungkin bagi mereka yang pertama kali mendengar namanya akan merasa makanan ini cukup aneh. Bagaimana jadinya cokelat yang manis dan legit dicampur dengan tempe yang biasanya dijadikan lauk pendamping nasi dengan rasa gurih? Daripada kebingungan, sebaiknya dicoba saja sendiri.  tempe adalah hasil olaha dari biji kedelai yang memiliki kandungan protein baik tetapi lebih ekonomis dan enak dibuat berbagai sajian masakan, makanan, atau cemilan. Jika dibuat masakan tempe bisa menjadi menu utama dalam sajian lezat di meja makan atau juga dapat dimasak dengan kombinasi bahan lain seperti tahu, ikan teri dan sayuran. Cemilan renyah dari bahan dasar tempe juga tak kalah gurihnya. Dengan balutan tepung bumbu yang menyelimuti potongan tipis tempe dan dengan penggorengannya yang garing renyah menjadikannya lagi dan lagi saat dikunyah. Bahkan sekarang sudah banyak skali spot aneka oleh-oleh dari jenis kue dan cemilan yang menjajakan olahan dari tempe ini. buat yang baru tau dan belum coba sepertinya wajib coba karena olahan tempe ini lain dari yang biasa. Kreasi olahan tempe ini adalah pengkombinasian irisan tempe goreng dengan celupan coklat dan taburan gula halus. Jika anda tertarik untuk membuatnya di rumah untuk mengenalkan makanan dan minuman khas nusantara ini dan bagi para perantau asli Kediri Jawa Timur bisa mencoba membuatnya unutk mengobati rasa rindu kampung halaman. Cara membuatnya sangat mudah, jika anda tertarik untuk mencobanya silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini dan jangan beranjak dari sini karena kami akan menyuguhkan berbagai macam resep makanan khas nusantara. 

Resep Cemilan Tempe Coklat Gurih Nikmat

Komposisi:
-Tempe bulat 100 gr
-Bawang putih 3 butir, pipih halus
-Garam halus 1 sendok makan
-Secukupnya air putih
-Secukupnya minyak goreng

Pelapis:
-Coklat bubuk 80 gr
-Coklat batang 100 gr, panaskan hingga leleh
-Gula halus 200 gr

Langkah Membuat Cemilan Tempe Coklat Gurih Nikmat:
-Iris tempe dengan ketebalan cukup tipis lalu sisihkan.
-Larutkan bawang putih yang telah dihalsukan ke dalam secukupnya air bersama tambah garam lalu rendam irisan tempenya dalam air tersebut. tunggu sampai kurang lebih ½ jam lamanya supaya meresap.
-Angkat dan tiriskan rendaman irisan tempe.
-Panaskan minyak, kemudian goreng matang tempe yang telah selesai direndam hingga matang dengan ciri kuning keemasan. Bolak-balik sesekali saat penggorengan irisan tempe berlangsung dan pastikan tidak sampai overcook. Angkat dan tiriskan.
-Berikutnya menyiapkan bahan untuk membuat pelapis tempe yaitu dengan memadukan coklat bubuk dan gula halus sebanyak 100 gr. Aduk-aduk supaya tercampur rata.
-Tambahkan campuran gula dan coklat dengan coklat batangan yang telah dilelehkan sebelumnya. Aduk kembali agar tercampur secara merata.
-Sekarang ambil irisan tempe goreng lalu celupkan ke dalam campuran coklat hingga melapisi seluruh bagian tempe. Angkat dan tiriskan. Begitu seterusnya sampai selesai.
-Setelah itu, bubuhi secara merata semua tempe yang sudah terlapisi celupan coklat dengan sisa gula halus yang belum terpakai.
-Tempe coklat selseai dibuat dan siap disuguhkan.

Selain suguhan rasa dominan coklat, penyajian tempe dengan rasa yang tak biasa ini juga dapat diinovasikan dengan suguhan rasa lain seperti misalnya green tea. Untuk menjaga ketahanan coklat yang menempel pada tempe sehingga tidak cepat meleleh, sebaiknya dibungkus saja menggunakan kertas alumunium foil.
selamat mencoba

0 komentar:

Post a Comment

silahkan di share