KUE PUTU MAKANAN KHAS PONOROGO JAWA TIMUR | RESEP KUE PUTU KHAS PONOROGO JAWA TIMUR | CARA MEMBUAT KUE PUTU KHAS PONOROGO

Kue Putu-Kue Putu makanan yang sudah sering kita temui di daerah lain bahkan di Jakarta juga ada. Itu yang bentuknya hijau di dalam ada gula merah ditaburi kelapa setengah tua di luarnya. Hanya saja bedanya rasa lebih mantap dan terasa berisi, beda sama yang sering saya makan didaerah lain.kue dengan bentuk seperti tabung, berwarna hijau atau putih, rasanya gurih dan manis. Kue yang terkenal dengan suara khas seperti suara peluit ini merupakan salah satu jenis kuliner tradisional khas Indonesia. Kue ini biasnya banyak ditemukan pada saat sore hari hingga larut malam. Tidak hanya terkenal di Indonesia, kue putu kini juga sudah merambah ke negara lain seperti Singapura dan Malaysia. Jenis makanan berupa kue yang terbuat dari butiran kasar tepung beras yang biasanya berisi gula jawa dan ditaburi parutan kelapa. Selain suara khas uap yang keluar dari alat suitannya, proses pembuatan kue putu juga khas dengan cara dikukus di dalam bambu dan sedikit dipadatkan. Jika anda ingin mencipipi jenang mirah silahkan datang ke Ponorogo. Jika anda tertarik untuk membuatnya di rumah untuk mengenalkan makanan dan minuman khas nusantara ini dan bagi para perantau asli Ponorogo Jawa Timur bisa mencoba membuatnya unutk mengobati rasa rindu kampung halaman. Cara membuatnya sangat mudah, jika anda tertarik untuk mencobanya silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini dan jangan beranjak dari sini karena kami akan menyuguhkan berbagai macam resep makanan khas nusantara. 

Resep Kue Putu Makanan Khas Ponorogo Jawa timur
Bahan-bahan:
-375 gram tepung beras kering
-125 gram gula merah, iris tipis
-300 ml air
-½ sdt garam
-2 lembar daun pandan
-½ sdt pewarna hijau
-150 gram kelapa parut, kukus dengan sedikit garam

Tips :
-Jika menggunakan bambu sebagai cetakan, masukkan sepotong kecil daun pisang atau pandan, sebagai alas cetakan, isi dengan tepung dan gula. Letakkan bambu dalam keadaan berdiri persis di atas lubang-lubang kukusan, jika lubang besar dan jarang2)
-Pengganti pewarna dapat menggunakan daun suji, bikin dulu air suji, baru di tambah air dan diukur mencapai 300 ml.

CARA MEMBUAT KUE PUTU :
-Rebus air bersama garam, daun pandan dan pewarna hijau hingga mendidih. Angkat, biarkan hangat lalu tuangi ke dalam tepung beras sedikit demi sedikit sambil diaduk dengan tangan hingga berbutir-butir halus.
-Siapkan saringan kasar, masukkan adonan tepung, gosok-gosokkan hingga adonan tepung berbentuk butiran halus, tampung.
-Ambil cawan ukuran 30 ml, tuang ½ sdm adonan tepung, lubangi bagian tengahnya dengan telunjuk, masukkan gula merah, tutup dengan ½ sdm adonan tepung tetapi jangan di tekan, ratakan.
-Balikkan cetakan yang berisi adonan ke atas loyang datar beralas daun pisang, angkat cetakannya. Atur jarak antara adonan yang sudah dicetak, jangan berdekatan.
-Kukus dengan api besar hingga 10 menit, angkat lalu sajikan selagi panas dengan taburan kelapa.

Demikian cara mudah dan sederhana membuat kue putu khas ponorogo dan nantikan resep masakan nusantara lainnya hanya disini. selamat mencoba

0 komentar:

Post a Comment

silahkan di share