JENANG MIRAH MAKANAN KHAS PONOROGO JAWA TIMUR | CARA MEMBUAT JENANG MIRAH KHAS PONOROGO | RESEP JENANG MIRAH KHAS PONOROGO JAWA TIMUR

Jenang Mirah -Jenang Mirah adalah makanan tradisional yang terbuat dari beras ketan, gula jawa, dan santan. Makanan satu ini sekilas hampir mirip dengan dodol, namun teksturnya lebih lembut dan rasanya sangat khas. Jenang Mirah ini merupakan makanan tradisional yang cukup terkenal di Ponorogo dan dijadikan salah satu oleh – oleh khas di sana. Makanan ini dinamakan Jenang Mirah karena yang pertama kali membuat makanan ini adalah Bu Mirah, yaitu seorang warga Desa Josari,Kecamatan Jetis, Ponorogo. Jenang Mirah ini sedikit berbeda dengan olahan jenang pada umumnya. Jenang Mirah ini memiliki tekstur yang lembut dan terlihat lentur namun tidak lengket. Selain itu Jenang Mirah ini juga di buat dengan cara tradisional dengan bahan khusus dan tanpa menggunakan bahan pengawet. Jenang Mirah ini memiliki cita rasa yang sangat khas. Perpaduan gula jawa dan santan dalam Jenang Mirah ini menghasilkan rasa manis yang khas.Jika anda ingin mencipipi jenang mirah silahkan datang ke Ponorogo. Jika anda tertarik untuk membuatnya di rumah untuk mengenalkan makanan dan minuman khas nusantara ini dan bagi para perantau asli Ponorogo Jawa Timur bisa mencoba membuatnya unutk mengobati rasa rindu kampung halaman. Cara membuatnya sangat mudah, jika anda tertarik untuk mencobanya silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini dan jangan beranjak dari sini karena kami akan menyuguhkan berbagai macam resep makanan khas nusantara. 

Resep Jenang Mirah khas Ponorogo Jawa Timur
Bahan-bahan:
-400 gr Tepung Ketan
-600 ml Santan Kental 
-100 ml Air
-200 gr Gula Pasir / 350gr (sesuai selera)
-250 gr Gula Merah
-1 sendok teh Garam

Langkah-langkah:
-Rebus gula merah dengan 100ml air hingga mendidih dan gula mencair lalu saring dan sisihkan.
-Campur tepung ketan,garam,gula pasir dalam wajan kemudian masukkan santan lalu aduk dengan wisk hingga rata dan tidak bergerendil.
-Nyalakan kompor masak dan aduk-aduk dengan sendok kayu lalu masukkan gula merah cair,aduk sampai rata dan hingga adonan kalis dan berat.
-Kecilkan api aduk terus hingga adonan licin dan berat, masak kurang lebih 1 jam (lama memasak tergantung banyak sedikitnya adonan),setelah itu matikan api dan tuang jenang dalam loyang yang sudah diolesi sedikit minyak goreng dan ratakan lalu biarkan sampai dingin.
-Setelah jenang dingin baru dipotong-potong.
-jenang mirah siap di hidangkan

Demikian cara membuat jenang mirah khas ponorogo jawa timur dan nantikan resep selanjutnya hanya disini. selamat mencoba


  

0 komentar:

Post a Comment

silahkan di share