SOTO PACITAN JAWA TIMUR | RESEP SOTO AYAM MAKANAN KHAS PACITAN | CARA MEMBUAT SOTO AYAM KHAS PACITAN JAWA TIMUR

Soto Pacitan -Hampir di tiap daerah di Indonesia memiliki soto khas yang pastinya menjadi ikon di daerah masing masing dan salah satunya Pacitan memiliki salah satu kuliner yang perlu sekali untuk dicoba. Kuliner itu adalah soto ayam khas Pacitan, yang banyak terdapat di kecamatan Kebonagung. Soto ayam pacitan adalah sebuah kuliner yang sebenarnya sangat simpel, yakni soto ayam kampung. Meskipun demikian, soto ayam kampung di kota akik ini memiliki sensasi kelezatan yang cukup unik. Soto Pacitan memang cukup unik karena tidak memakai santan, seperti halnya soto Surabaya. Dan yang paling kelihatan adalah pemakaian sledri, kacang tanah yang digoreng, bawang goreng. Soto Pacitan bahkan sudah banyak beredar di luar Pacitan, karena memang rasanya berbeda dari soto kebanyakan. Dalam menjaga cita rasa soto Pacitan adalah menggunakan bahan baku ayam kampung. Selain kualitas gizi yang lebih tinggi, kadar lemaknya juga rendah, juga akan menjaga rasa soto tetap harum dan nikmat. Jika anda tertarik untuk membuatnya di rumah untuk mengenalkan makanan dan minuman khas nusantara ini dan bagi para perantau asli pacitan Jawa Timur bisa mencoba membuatnya unutk mengobati rasa rindu kampung halaman. Cara membuatnya sangat mudah, jika anda tertarik untuk mencobanya silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini dan jangan beranjak dari sini karena kami akan menyuguhkan berbagai macam resep makanan khas nusantara.

Resep soto ayam khas pacitan
Bahan utama :
-1 ekor ayam kampung, belah
-2 cm jahe, memarkan
-1 1/2 liter air
-1 batang sereh, memarkan
-2 1/2 sendok teh garam
-2 lembar daun salam
-1/2 sendok teh merica bubuk
-1/2 sendok makan gula pasir
-2 sendok makan minyak goreng

Bahan bumbu yang di haluskan :
-4 siung bawang putih
-1 cm jahe
-1 cm kunyit
-2 cm lengkuas

Bahan pelengkap soto pacitan :
-5 sendok makan bawang merah goreng
-50 gr kecambah, seduh
-1 kg nasi putih 
-75 gr kacang tanah kulit, goreng
-1 batang seledri, iris halus

Cara membuat soto ayam Pacitan :
-Rebus air hingga mendidih, lalu masukkan ayam bersama dengan  jahe, masak dengan api kecil hingga ayam matang, angkat lalu saring kuahnya dan tiriskan ayamnya.
-Ambil air kaldunya sebanyak 1250 ml lalu sisihkan, senemtara ayamnya di suwir suwir, sisihkan.
-Panaskan minyak, lalu tumis bumbu yang telah di haluskan bersama dengan daun salam dan sereh,masak hingga bumbu harum. Masukkan tumisan bumbu ke dalam air kaldu, lalu rebus hingga mendidih.
-Masukkan gula pasir, merica bubuk, dan garam, masak kembali hingga matang dan harum, angkat.

Untuk penyajian soto : 
-siapakn mangkok saji, lalu tata nasi, tambahkan dengan kecambah dan ayam, lalu siram dengan kuah panas, setelah itu taburi dengan kacang tanah, seledri dan kacang tanah goreng, sajikan selagi hangat.

Demikian cara mudah membuat soto khas pacitan jawa timur dan nantikan resep nusantara lainnya hanya disini. selamat mencoba

0 komentar:

Post a Comment

silahkan di share