Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

SUWAR SUWIR KHAS JEMBER JAWA TIMUR | CARA MEMBUAT SUWAR SUWIR KHAS JEMBER | RESEP SUWAR SUWIR KHAS JEMBER JAWA TIMUR

Kota Jember ditetapkan sebagai Kota Karnaval oleh Kementerian Pariwisata atas konsistensi menyelenggarakan Jember Fashion Carnaval (JFC) selama 16 tahun berturut-turut. Gelaran ini membawa nama Kota Jember sebagai kota yang terus maju dan berkembang di Jawa Timur.kota Jember kini makin diramaikan oleh wisatawan dan pengunjung dari banyak wilayah. Jika berkunjung ke Jember, jangan lupa membeli oleh-oleh khas Jember yang terbuat dari bahan tradisional. salah satunya adalah suwar suwir. Suwar-suwir adalah makanan yang legit, manis, dan bercampur kecut. Bentuknya kotak-kotak kecil memanjang menyerupai kotak balok mini. sajian kuliner yang dibuat dari tape yang sudah diproses dengan cara khusus dan bertekstur sedikit keras meskipun tampilannya mirip dodol. Suwar suwir dibuat dari tape singkong yang dicampur dengan gula.suwar-suwir dibuat dengan banyak jenis warna. Mulai dari hijau, coklat, putih hingga merah. Suwar-suwir termasuk dalam makanan ringan yang terbuat dari tape dan diolah menjadi dodol. Jika anda tertarik untuk membuatnya di rumah untuk mengenalkan makanan dan minuman khas nusantara ini dan bagi para perantau asli Jember Jawa Timur bisa mencoba membuatnya untuk mengobati rasa rindu kampung halaman. Cara membuatnya sangat mudah, jika anda tertarik untuk mencobanya silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini dan jangan beranjak dari sini karena kami akan menyuguhkan berbagai macam resep makanan khas nusantara. 

Resep suwar suwir khas jember
Bahan-bahan:
-500 gr tepung ketan
-50 gr tepung beras
-100 gr tape masak
-250 gr gula merah
-300 gr gula pasir
-1/2 sdm garam
-1 gelas santan kental
-750 ml susu cair

Cara Membuat Suwar-suwir khas jember:
-Campur tepung ketan, tepung beras, tape, garam menjadi satu, lalu sisihkan.
-Masak Gula merah, gula pasir dan susu cair kemudian saring.
-Kemudian masukkan kedalam campuran tepung ketan, tepung beras, tape dan garam.
-Jika sudah tercampur rata, aduk hingga menyerupai bubur
-Tuangkan santan kental sedikit demi sedikit.
-Aduk sampai kental dan mengeluarkan minyak, lalu angkat.
-Lalu cetak/masukkan ke loyang, lalu dinginkan dan dipotong.
-Siap dihidangkan

Praktis sekali bukan cara pengolahan suwar suwir jember yang lezat ini, karena tidak memiliki trik khusus dalam proses pembuatannya sehingga siapa pun dapat dengan mudah memasaknya. selamat mencoba 



1 comment for "SUWAR SUWIR KHAS JEMBER JAWA TIMUR | CARA MEMBUAT SUWAR SUWIR KHAS JEMBER | RESEP SUWAR SUWIR KHAS JEMBER JAWA TIMUR"

  1. Aku sukaaa banget suar suwir dari tempat kelahiranku, di kalsel jarang ada, thank'resepnya....sangat brrmanfaat.

    ReplyDelete

silahkan di share

close