Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

ES LODEH KHAS JOMBANG | CARA MEMBUAT ES LODEH KHAS JOMBANG | RESEP ES LODEH KHAS JOMBANG

jika anda mendengar kata lodeh pasti anda akan menuju pada masakan yang berkuah yang pasti itu sayur. namun beda dengan lodeh yang satu ini, ini bukan sebuah makanan yang terbuat dari sayur melainkan dari buah segar persis es buah tapi memliki rasa yang pedas yang mempunyai nama es lodeh. es lodeh merupakan salah satu kekayaan kuliner khas indonesia khususnya jombang jawa timur. minuman ini di sajikan dalam mangkok yang berisi full buah yang rasanya menyegarkan. Mungkin inilah jenis es yang cukup bergizi, karena terdapat berbagai jenis buah sebagai campuran isinya, antara lain: pepaya, nangka, apukat, garbis, degan, kolang kaling, sawo, juga tomat. Pelengkap isinya juga banyak, seperti: roti tawar, janggelan (cendol hitam), bubur mutiara, ketan hitam. rasanya pasti manis, untuk rasa pedas bisa meminta pada penjualnya. biasanya untuk rasa pedasnya di tambahkan sedikit sambal.jika anda ingin mencicipi es buah ini silahkan datang ke jalan patimura, alun-alun jombang. silahkan datang untuk mencicipi sensasi pedasnya. jika anda penasaran dan mungkin jauh untuk datang kesana, anda bisa membuatnya di rumah dengan mengikuti resep di bawah ini.

CARA MEMBUAT ES LODEH KHAS JOMBANG
Bahan-Bahan:
-100 gram mangga
-100 gram semangka 
-100 gram kelapa muda
-100 gram stroberi
-100 gram kiwi hijau 
-100 gram alpukat 
-100 gram buah naga putih 
-100 gram melon

 Bahan Sirup 
-50 gram gula pasir 
-600 ml jus jambu merah 
-150 ml susu cair 

Bahan Sarang Burung 
-1 bungkus agar-agar bubuk 
-400 ml jus bit 

Bahan Untuk Pelengkap 
-5 sdt susu kental manis

 Langkah-langkah  
Pertama kali langkah yang harus dilakukan yaitu memotong buah-buahan. 
Silakan ambil buah semangka yang sudah anda siapkan, lalu potong dengan bentuk bulat. Sisihkan. Kemudian, kupas mangga. Lalu potong kotak dengan ukuran 1 cm. Setelah itu, potong bulat melon. Selanjutnya, silakan belah buah alpukat menjadi dua bagian. Lalu keluarkan dagingnya. Kemudian anda bisa memotong-motong buah alpukat membentuk kotak. Langkah berikutnya, silakan keruk lebar kelapa muda dan potong kotak buah naga. Untuk buah stroberi belah menjadi 4 bagian.

Cara Membuat Sarang Burung 
Silakan siapkan panci kecil yang akan digunakan untuk membuat sarang burung. Kemudian campurkan bahan-bahan seperti agar-agar dan jus bit. Lalu silakan masak bahan-bahan tersebut sambil diaduk hingga mendidih. Setelah mendidih, silakan tuangkan pada loyang berbentuk kotak. Lalu dinginkan. Setelah dingin, serut dan sisihkan. 

Cara Membuat Sirup
Silakan siapkan panci yang akan digunakan untuk membuat sirup. Lalu masukan gula pasir dan susu cair. Masak bahan-bahan tersebut. Lalu aduk sampai gula larut. Jika sudah seperti itu, silakan dinginkan. Setelah dingin, silakan tambahkan jus jambu. Aduk hingga merata. Lalu bekukan. Selanjutnya, blender hingga halus. 

Cara Membuat Sop Buah 
Siapkan wadah, lalu campurkan buah-buahan seperti mangga, semangka, melon, alpukat, kelapa muda, buah naga, kiwi, stroberi dan sarang burung. Selanjutnya tuangkan sirup ke dalam campuran buah-buahan. Lalu tambahkan susu kental manis. Aduk semua bahan-bahan hingga merata. Sop buah sudah selesai dibuat, anda bisa langsung menyajikannya untuk keluarga tercinta di rumah.

untuk sensasi pedas, anda bisa menambahkan sedikit sambal. bisa juga anda membuat sendiri sambal itu dan bisa juga membelinya di toko terdekat anda.


Post a Comment for "ES LODEH KHAS JOMBANG | CARA MEMBUAT ES LODEH KHAS JOMBANG | RESEP ES LODEH KHAS JOMBANG"

close