SEGO SADUKAN KHAS JOMBANG | CARA MEMBUAT SEGO SADUKAN KHAS JOMBANG | RESEP SEGO SADUKAN KHAS JOMBANG

jika berbicara tentang makanan khas nusantara, ada salah satu makanan yang unik namanya. kuliner ini berasal dari jombang jawa timur. apalagi namanya kalau bukan sego sadukan, namanya yang unik membuat orang penasaran dengan kuliner yang satu ini. secara etimologi, sego sadukan di terjemahkan berdasarkan bahasanya yaitu sego artinya nasi sedangkan sadukan artinya tendangan. bukan ini artinya nasi yang di tendang ya, melainkan makanan yang sekali makan langsung habis karena porsinya yang minimalis. sego sadukan adalah nasi bungkus yang berisi sekepal nasi dengan lauk mie, tahu, tempe yang di iris kecil serta ikan teri dengan sambal yang super pedas sehingga membuat mata anda jadi melek. sego sadukan mudah di dapatkan, jika udah mulai malam jajanan ini mulai rame di serbu pecinta kuliner. bisa jadi kalau di daerah lain namanya nasi kucing melihat dari porsinya dan lauk yang di sajikan serta tempat untuk menjajakannya. biasanya kuliner ini di dapatkan di warung kopi pinggir jalan. jika anda penasaran ingin mencicipi kuliner yang satu ini silahkan mampir ke jombang. dan jika anad aingin membuat sendiri di rumah silahkan anda untuk mengikuti resep di bawah ini. di sini anda juga bisa membuat kuliner khas nusantara lainnya jadi jangan kemana-mana dan update terus artikel disini.

CARA MEMBUAT SEGO SADUKAN KHAS JOMBANG
Bahan-bahan
-secukupnya Mie goreng
-secukupnya Nasi putih

Bahan tahu pedas:
-2 buah tahu putih besar potong2 lalu goreng hingga berkulit
-1 lembar daun salam
-2 lembar daun jeruk
-secukupnya Kaldu bubuk
-secukupnya Garam
-secukupnya Gula pasir
-2 sdm air

Bumbu yang dihaluskan :
-6 buah bawang merah
-3 siung bawang putih
-2 sdm cabe merah yang sudah dihaluskan
-1/2 sdt terasi yang sudah dibakar
-1 buah tomat merah potong-potong

Langkah :
-Potong-potong tahu lalu goreng hingga berkulit,sisihkan
-Tumis bumbu halus hingga harum,masukan daun salam,daun jeruk,tumis hingga bumbu matang
-Masukan tahu yang sudah digoreng,beri gula,garam,kaldu bubuk,aduk rata,tambahkan 2 sdm air agar bumbu meresap.Aduk hingga rata.
-Angkat dan matikan kompor
-Tata nasi dalam piring letakan mie goreng,tahu pedas diatasnya
-agar lebih nikmat tambahkan samber teri yang super pedas

nah itu cara mudah membuat sego sadukan khas jombang jawa timur, demikian untuk resep hari ini dan nantikan resep kami selanjutnya hanya disini.

  

0 komentar:

Post a Comment

silahkan di share