Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PECEL RENGKEK KHAS JOMBANG | CARA MEMBUAT PECEL RENGKEK KHAS JOMBANG | RESEP PECEL RENGKEK KHAS JOMBANG

anda yang berasal dari jawa timur tidak asing lagi dengan nasi pecel karena telah menjadi salah satu merek dagang kuliner jawa timur. makanan dengan racikan bumbu yang berasal dari kacang tanah, di ulek dengan cabe,bawang putih,gula pasir,gula jawa,garam,kencur dan daun jeruk purut. yang tidak lain namanya pecel dan salah satu kuliner khas jombang. pecel ini tidak seperti pecel biasanya, namanya yang sedikit unik yang membuat kuliner ini melegenda. pecel rengkek namanya, dan rengkek di ambil dari tempat untuk menjualnya yang terbuat dari kayu dan triplek semacam box yang di tempatkan di sepeda atau sepeda motor. penyajian pecel rengkek ini tidak menggunakan piring melainkan dengan di pincuk menggunaka daun pisang yang di lapisi kertas koran atau kertas minyak. apakah anda penasaran dengan kuliner yang satu ini?? cobalah datang ke jombang dan nikmati kelezatan pecel rengkek khas jombang ini.yang pasti kuliner ini tidak di jajakan sepanjang waktu, dan di jumpai pada waktu pagi hari. jika anda ingin membuat santapan yang berbeda dari keluarga anda silahkan anda mencobanya di rumah. 

CARA MEMBUAT PECEL RENGKEK KHAS JOMBANG
Bahan Bumbu Pecel:
-250 g kacang tanah, goreng, dan haluskan.
-350 ml air panas
-½ sdm air asam jawa (dari ½ sdt asam dan ½ sdm air)

Bumbu halus:
-3 buah cabai merah besar, rebus
-3 buah cabe rawit merah besar, rebus
-2 siung bawang putih, rebus
-½ sdt terasi bakar
-2 cm kencur
-1 sdt garam
-2 sdm gula merah

Cara membuat bumbu pecel:
-Campur kacang tanah dan bumbu halus, aduk sampai rata.
-Masukkan air panas dan air asam jawa sedikit demi sedikit sambil diaduk rata
-Bumbu pecel siap disajikan

Penyajian: 
-tambahkan sayurannya sayur bayam, sayur daun singkong, toge/ kecambah, kol/kubis, kacang pajang, bunga turi, dan gorengan tempe dan tahu.(rebus dahulu semua sayuran)
-Jika lauk pauknya sudah siap, campurkan bumbu pecel dengan sayur mayur dan lauknya.
-tambahkan nasi, nasi pecel pun siap untuk di santap.

nah itu cara membuat pecel rengkek khas jombang. sangat mudah bukan?? jangan lupa untuk ikuti trus karena disini anda akan mendapatkan info lebih dalam mengenai resep kuliner khas indonesia dan lain sebagainya seperti cara membuat bumbu kacang,cara membuat sambal pecel ayam , gambar pecel sayur,resep bumbu pecel madiun kering, resep pecel rengkek khas jombang, cara membuat pecel rengkek khas jombang.


Post a Comment for "PECEL RENGKEK KHAS JOMBANG | CARA MEMBUAT PECEL RENGKEK KHAS JOMBANG | RESEP PECEL RENGKEK KHAS JOMBANG"

close