LUMPUR BAKAR LAPINDO KHAS SIDOARJO | CARA MEMBUAT LUMPUR BAKAR LAPINDO KHAS SIDOARJO | RESEP LUMPUR BAKAR LAPINDO SIDOARJO

Makanan khas sidoarjo ini terkenal setelah bencana lumpur lapindo yang menggenangi sebagian besar wilayah sidoarjo. tapi kue ini sudah ada sebelum terjadinya lumpur lapindo. kue yang satu ini di berikan nama lumpur paindo karena tekstur yang lembut dan lembek, ketika masuk dalam mulut langsung melelh dan mencair.kue ini di masak dengan proses di bakar. kue lumpur bakar ini sangat enak buat di coba, dan bisa juga buat takjil waktu bulan puasa.proses pembuatannya sangat sederhana yaitu mencampur bahan baku berupa tepung terigu,gula, santan,telur, vanili,air.Siapkan pula cetakan kue lumpur di atas pemanas. Sebelum mengisinya dengan adonan, beri minyak terlebih dahulu pada cetakan. untuk lebih lengkapnya anda bisa membaca dan mempraktekkan cara pembuatan kue lumpur bakar lapindo ini.

CARA MEMBUAT KUE LUMPUR LAPINDO BAKAR
# Resep lumpur bakar rasa original
Bahan :
-75 gram tepung terigu
-75 gram tepung beras
-175 gram gula pasir
-250 gram telur, kocok lepas
-1.125 cc santan matang kental
-Garam secukupnya
-Vanili

Cara membuatnya:
-Campur semua bahan (tepung terigu, tepung beras, gula, garam, vanili dan santan) aduk hingga rata.
-Masukkan kocokan telur, aduk hingga rata.
-Cetak adonan dengan cetakan kue lumpur yang telah dipanaskan dan diolesi minyak sayur. Untuk hasil yang kelenyer/tidak bantat harus menggunakan api atas (arang) dan bawah (kompor). 
-Masak hingga matang.
-Sajikan.

#Resep lumpur bakar vla
Bahan :
-150 gram tepung protein sedang
-1 btr telur
-Garam secukupnya
-300 ml susu cair (pakai air biasa)
-1 sdt pasta pandan

Bahan vla/fla :
-400 ml santan kental sedang
-50 gram tepung maizenna ( 40 gram / 3 sdm )
-300 gram gula pasir ( sesuai selera manisnya : 3 sdm gula pasir )
-Garam secukupnya saja

cara memnuatnya:
-campur semua bahan jadi satu aduk-aduk hingga tercampur rata tidak ada butiran-butiran.
-Panaskan cetakan lumpur isi semua lubang dengan adonan kemudian sendoki ambil bagian yang masih cair, hingga masing masing membentuk lubang seperti mangkuk.
-Panaskan hingga kulit dadar matang lakukan sampai semua adonan habis. sisihkan.

Cara Membuat Vla Kue Lumpur : 
-panaskan santan,garam,gula, hingga mendidih. masukkan maizenna yang telah dilarutkan dengan sedikit air. masak hingga meletup letup. (campur semua bahan, aduk sampai rata. kemudian masak hingga meletup-letup).
-Panas-panas tuangkan dalam mangkuk dadar. 
-Hias dengan daun pandan. 
-Biarkan dingin.

nah itu ada dua resep pembuatan kue lumpur bakar lapindo khas sidoarjo. sekarang anda bisa membuatnya di rumah dan tidak perlu lagi jauh-jauh datang ke sidoarjo. makanan ini bisa di sajikan di berbagai acara seperti tahlilan, kenduri, selamatan, arisan dll
selamat mencoba



0 komentar:

Post a Comment

silahkan di share