Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

CARA PRAKTIS MEMBUAT CEMILAN TEMPE COKLAT KHAS NGAWI YANG MANIS RENYAH TAPI SEHAT

kompilasitutorial.com -tempe adalah hasil olaha dari biji kedelai yang memiliki kandungan protein baik tetapi lebih ekonomis dan enak dibuat berbagai sajian masakan, makanan, atau cemilan. masakan tempe bisa menjadi menu utama dalam sajian lezat di meja makan atau juga dapat dimasak dengan kombinasi bahan lain seperti tahu, ikan teri dan sayuran. Dengan balutan tepung bumbu yang menyelimuti potongan tipis tempe dan dengan penggorengannya yang garing renyah menjadikannya lagi dan lagi saat dikunyah. Di ngawi, tempe tidak di olah menjadi cemilan pada umumnya. Namun di ngawi tempe di olah menjadi camilan yang berbeda dengan yang lainnya yaitu coklat tempe. Rasanya yang manis gurih membuat para wisatawan ketagihan untuk mencicipi kuliner yang satu ini. jika anda sedang berkunjung di ngawi tidak salahnya untuk mencicipi kuliner yang satu ini. jika anda ingin membuatnya di rumah silahkan anda untuk membuatnya di rumah untuk di sajikan dan di nikmati bersama keluarga tercinta anda. simak yuk cara pembuatan coklat tempe khas ngawi yang manis super enak.

Resep Cemilan Tempe Coklat Gurih Nikmat

Bahan:
-Tempe bulat 100 gr
-Bawang putih 3 butir, pipih halus
-Garam halus 1 sendok makan
-Secukupnya air putih
-Secukupnya minyak goreng

Pelapis;
-Coklat bubuk 80 gr
-Coklat batang 100 gr, panaskan hingga leleh
-Gula halus 200 gr

Langkah- langkah:
-Iris tempe dengan ketebalan cukup tipis lalu sisihkan.
-Larutkan bawang putih yang telah dihalsukan ke dalam secukupnya air bersama tambah garam lalu rendam irisan tempenya dalam air tersebut. tunggu sampai kurang lebih ½ jam lamanya supaya meresap.
-Angkat dan tiriskan rendaman irisan tempe.
-Panaskan minyak, kemudian goreng matang tempe yang telah selesai direndam hingga matang dengan ciri kuning keemasan. Bolak-balik sesekali saat penggorengan irisan tempe berlangsung dan pastikan tidak sampai overcook. Angkat dan tiriskan.
-Berikutnya menyiapkan bahan untuk membuat pelapis tempe yaitu dengan memadukan coklat bubuk dan gula halus sebanyak 100 gr. Aduk-aduk supaya tercampur rata.
-Tambahkan campuran gula dan coklat dengan coklat batangan yang telah dilelehkan sebelumnya. Aduk kembali agar tercampur secara merata.
-Sekarang ambil irisan tempe goreng lalu celupkan ke dalam campuran coklat hingga melapisi seluruh bagian tempe. Angkat dan tiriskan. Begitu seterusnya sampai selesai.
-Setelah itu, bubuhi secara merata semua tempe yang sudah terlapisi celupan coklat dengan sisa gula halus yang belum terpakai.
-Tempe coklat selseai dibuat dan siap disuguhkan.

nah itu tadi cara membuat coklat tempe yang manis, renyah gurih dan pastinya sehat. caranya sangat mudah bukan? kini anda bisa membuatnya di rumah untuk sajian istimewa bersama keluarga tercinta anda. jangan lupa untuk selalu ikuti terus kompilasitutorial.com karena akan hadir artikel terbaru setiap harinya dari resep masakan khas nusantara, obat herbal dan lain sebagainya.

Post a Comment for "CARA PRAKTIS MEMBUAT CEMILAN TEMPE COKLAT KHAS NGAWI YANG MANIS RENYAH TAPI SEHAT"

close