CARA MUDAH MEMBUAT KUE TALAM BETAWI KHAS JAKARTA YANG LUMER DI MULUT

kompilasitutorial.com ~ makanan khas dari betawi jakarta yang selanjutnya adalah kue talam. kue talam mempunyai tekstur yang lembut dan halus, masyarakat biasanya menyebutnya dengan kue lumpur. kue lumpur mempunyai bentuk dominan yang mempunyai warna kuning untuk bagian atas dan kuning kecoklatan untuk bagian bawahnya. warna kuning di pengarui oleh kuning telur, untuk toping sendiri biasanya menggunakan kismis. anda bisa mendapatkan kue ini di toko peranakan tionghoa. untuk saat ini, sudah mulai sulit di temukan kue lumpur yang asli. untuk mengikuti perkembangan zaman, banyak orang memodifikasi kue ini dengan berbagai rasa serta tampilan. salah satunya di bawah ini merupakan resep kue talam betawi yang sudah di modifikasi bentuk maupun warnanya. anda juga bisa membuatnya sesuai selera anda. simak yuk cara membuatnya

Resep kue talam betawi yang lumer di mulut
Bahan-bahan:
Bahan Lapisan Merah :
-100 gram tepung beras
-20 gram tepung sagu
-7 sdm gula pasir (sesuai selera)
-250 ml santan
-1/2 sdt pewarna makanan merah
-Sejumput garam

Bahan Lapisan Putih :
-20 gram tepung beras
-20 gram tepung sagu
-1/2 sdt garam
-200 ml santan encer

Pelengkap : 
-2 lembar daun pandang, disimpulkan

cara membuat kue talam betawi yang lumer di mulut:
-Siapkan bahan. Olesi cetakan dengan minyak goreng. Panaskan kukusan yang airnya dicampur daun pandan.
-Pertama kita bikin lapisan merahnya, campurkan semua bahannya sambil diaduk hingga tidak ada yang menggerindil. Tuang ke dalam cetakan 3/4 bagian cetakan. Lakukan sampai adonan habis. Lalu kukus selama 10 menit.
-Sambil menunggu adonan merah matang, campurkan bahan lapisan putih, aduk rata. Lalu tuang ke atas cetakan warna merah. Kukus lagi selama 10 menit hingga matang.
-Setelah matang, matikan kompor. Biarkan kue talam agak dingin. Setelah dingin baru keluarkan dari cetakan dan taruh di piring.
-Kue Talam pun siap disajikan

0 komentar:

Post a Comment

silahkan di share