Cara Membuat Manuk Napinadar Kuliner Khas Sumatera Utara yang Mudah

kompilasitutorial.com ~ makanan khas dari batak sumatera utara yang satu mungkin kedengeran cukup aneh karena jarang di jual di warung makan. nama kuliner ini adalah manuk napinadar. kuliner ini sering di sajikan untuk upacara adat, napinadar merupakan olahan ayam kampung yang di goreng atau di panggang yang di beri bumbu khusus dan dengan sambal yang khas. bumbu yang membuatnya berbeda dengan olahan ayam yang lainnya adalah andaliman. andaliman sering di sebut dengan merica batak, bumbu ini jarang di temukan di daerah lain namun tumbuh subur di sumatera. sambal yang khas yaitu menggunakan darah ayam itu sendiri, namun dengan perkembangan jaman penggunaan sambal di ganti dengan kelapa gongseng yang bentuknya mirip dengan serundeng. manuk napinadar mempunyai rasa yang pedas dan getir yang di peroleh dari cabai dan andaliman dengan aroma yang semerbak. cara memasaknya dengan cara di panggang, ayam masih mempunyai tekstur empuk dan memiliki rasa seperti daging panggang lainnya. untuk resepnya, silahkan baca d bawah ini. caranya sangat mudah

Resep manuk napinadar khas batak
Bahan-bahan:
-3 ekor Ayam kampung muda hidup
-163 gram Bawang merah
-84 gram Cabai rawit
-55 gram Andaliman
-64 gram Jahe
-3 buah Jeruk nipis
-Secukupnya Garam
-Secukupnya air

cara membuat manuk napinadar khas batak sumatera utara:
-Ayam disembelih. Tampung darahnya dan beri perasan 3 jeruk nipis dan 3 sdt garam. Aduk. Sisihkan darah campuran.
-Ayam yang telah disembelih, bersihkan bulunya. Bakar di atas api kompor untuk menghilangkan bulu-bulu halus. Lalu, potong-potong dan bersihkan ayam. Sisihkan.
-Haluskan (giling/blender) bawang merah, cabai rawit, andaliman, jahe.
-Masukkan bumbu yang telah dihaluskan dalam wajan, tambahkan ayam. Aduk rata.
-Nyalakan api. Aduk kurang lebih 5 menit hingga ayam berubah warna. Setelah, ayam berubah warna tambahkan air secukupnya. Tutup wajan.
-Masak hingga ayam empuk. Setelah ayam empuk, tambahkan darah ayam campuran. Matikan api. Aduk dan koreksi rasa.
-Ayam napinadar siap di makan.
nb: untuk yang beragama islam, darah ayam bisa di ganti dengan kelapa gongseng/ serundeng

0 komentar:

Post a Comment

silahkan di share