Cara Membuat Saksang Makanan Khas Batak Sumatera Utara

kompilasitutorial.com ~ makanan khas dari batak yang selanjutnya adalah saksang. saksang adalah makanan khas yang berbahan dasar daging babi, anjing, kerbau yang di lumuri darah. untuk jaman sekarang, penggunaan darah di ganti dengan sambal dengan nama na so margota. bumbu yang di gunakan yaitu andaliman, cabe, merica, serai, bawang merah, ketumbar, bawang putih, daun salam dan lain sebagainya. kuliner khas batak ini sering di sajikan menggunakan nasi karena pada dasarnya saksang sebagai lauknya. bagi umat islam yang ingin menikmati kuliner khas ini, daging babi bisa di ganti dengan daging kerbau dan darahnya bisa menggunakan sambal yang di sebit na so margota. untuk cita rasanya pasti enak dengan bumbu yang meresap sampai ke daging. jika anda ingin menikmatinya silahkan anda datang ke lapo/ rumah makan  di medan. jika anda ingin membuatnya, di bawah ini sudah kami sediakan resepnya. resep di bawah ini masih original yaitu menggunakan daging babi akan tetapi tanpa menggunakan darah dan anda bisa menggantinya dengan daging kerbau. simak yuk resepnya

Resep mudah membuat saksang khas batak
Bahan-bahan:
-500 gram daging babi
-1 buah jeruk nipis peras airnya
-5 sdm kelapa parut
-2 lmbr daun jeruk
-2 lmbr daun salam
-1 gelas air
-1 btg sereh geprek
-sesuai selera Garam & gula
-1 sdm ketumbar tumbuk kasar
-3 sdm minyak goreng

Bumbu yang dihaluskan:
-3 siung bawang merah
-2 siung bawang putih
-4 buah cabe merah keriting
-5 buah cabe rawit merah
-3 buah kemiri sangrai
-2 cm kunyit
-1 cm jahe
-1 batang sereh ambil putihnya 
-2 cm lengkuas
-1/2 sdm andaliman
-Sejumput garam

cara membuat saksang khas batak:
-Sangrai kelapa parut dan ketumbar dengan api kecil hingga harum dan kecoklatan.matikan kompor dan angkat lalu ulek hingga keluar minyak lalu sisihkan.
-Cuci bersih daging babi lalu potong dadu kemudian beri air perasan jeruk nipis biarkan beberapa saat.
-Panaskan minyak lalu masukkan bumbu yng telah dihaluskan bersamaan dengan sereh dan daun jeruk tumis hingga harum.masukkan daging babi dan 1 gelas air aduk hingga tercampur merata.tambahkan gula dan garam lalu koreksi rasa.masak hingga air menyusut dan tersisa sdkt baru masukkan kelapa parut yang telah disangrai aduk rata.lalu matikan kompor.
-Saksang daging babi tanpa darah babi siap disantap.
nb: bagi muslim, bisa mengganti dengan daging sapi / kerbau, dan mengganti bumbu sambalnya saja

0 komentar:

Post a Comment

silahkan di share