Cara Mudah Membuat Bubur Pedas Melayu Khas Sumatera Utara Sajian Berbuka Puasa

kompilasitutorial.com ~ pada saat bulan ramadhan tiba, ada salah satu kuliner khas medan yang perlu di coba yaitu bubur pedas. bubur pedas ini menjadi menu wajib saat berbuka puasa, sebagian besar pengurus masjid di medan menyediakan bubur pedas ini. bubur ini sebernarnya tidak terlalu pedas, hanya memberikan rasa hangat di tenggorokan saja. bubur ini mempunyai bahan dasar dari beras yang di beri daging dan sayur serta rempah rempah yang memberikan cita rasa yang enak dan sulit untuk di lupakan. bubur pedas ini sama seperti bubur pada umumnya hanya saja yang membedakan adalah rasa pedas yang menjadi nilai lebih. bubur pedas ini banyak di sukai warga medan terutama di beri anyang pakis (resep anyang pakis ) serta toge beserta kawan kawan seperti udang kering, cabe, asam jeruk, dan kelapa kukur goreng. apakah anda tertarik untuk mencobanya? silahkan datang ke medan dan nikmati sensasi rasanya. cara membuatnya juga mudah sekali, anda bisa membuatnya di rumah dengan mengikuti resep di bawah ini. simak yuk resepnya

Resep bubur pedas melayu khas medan sumatera utara
Bahan dasar:
- 1/5 kg beras
- 1/5 kg kelapa parut
- 1 sdm ketumbar utuh

Bumbu halus:
- 3 siung bawang merah
- 3 siung bawang putih
- 3 buah cabai merah
- Lada bubuk secukupnya
- 2 buah kemiri
- 1 bungkus terasi

Sayuran:
- Jagung manis
- Rebung

Bahan tambahan:
- 2 helai daun kunyit
- 1 genggam daun kesum
- Sambal
- Kecap
-Jeruk nipis
- 1 batang sereh
- Lengkuas
- Garam

Cara membuat bubur pedas khas medan sumatera utara:
1. siapkan dulu bahan dasarnya, yaitu beras yang sudah di cuci bersih lalu di sangrai sampai agak kuning keemasan, setelah itu masukkan kelapa parut dan ketumbar. Sangrai hingga kuning kecoklatan. Setelah itu di blender, tidak usah terlalu halus.
2. masukkan beras yang sudah halus tersebut ke dalam dandang. Di aduk agar tidak gosong dibawahnya. Biarkan sampai menjadi bubur.
3. Potong halus daun kunyit dan daun kesum. Sisihkan.
4. Siapkan sayuran, jagung, kacang panjang di potong kecil, dan rebung. Bersihkan.
5. Tumis bumbu halus sampai harum, setelah itu masukkan lengkuas dan sereh yang sudah digeprek. Masukkan daun kunyit dan daun kesum. Tumis hingga layu. Terus masukkan kedalam dandang. Aduk.
6. Tambahkan garam secukupnya.
7. Masukkan semua sayuran.
8. Koreksi rasa, hidangkan.

0 komentar:

Post a Comment

silahkan di share