Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

SAMBAL IKAN WADER KHAS MOJOKERTO | RESEP SAMBAL IKAN WADER MOJOKERTO | CARA MEMBUAT SAMBAL IKAN WADER KHAS MOJOKERTO

kompilasitutorial.com-kuliner yang satu ini merupakan kuliner khas mojokerto, bahan utama dari kuliner ini adalah ikan wader yang hidup di air tawar. ikan wader rasanya sangat gurih dan manis jika masih fresh, selain itu juga ikan wader juga banyak gizinya. ikan wader ini di dapatkan dengan mudah sekali, ikan ini bisa di cari di sungai maupun di budidayakan di keramba dengan ukuran kecil. cara pengolahan ikan ini sangatlah mudah, pertama ikan wader ini di bersihkan dari sisik dan kotorannya. setelah ikan bersih, ikan langsung di campur dengan bahan untuk membuat sambel dan di goreng.anda penasaran untuk mencobanya?? silahkan anda ikuti resep di bawah ini untuk merasakan sensasi cita rasa yang gurih dan manis ikan wader ini.siapkan dulu bahan-bahannya, anda bisa membelinya dekat sungai biasanya ada orang yang menjaring ikan wader dan harganya relatif murah sekitar 10 ribuan per kilo nya. simak yuk cara pembuatan kuliner yang satu ini.

CARA MEMBUAT SAMBEL IKAN WADER KHAS MOJOKERTO
Bahan-bahan:
-500 gram ikan wader
-1 sendok makan air jeruk nipis
-1 sendok teh garam
-minyak goreng secukupnya

Bumbu halus:
-10 cabai merah
-6 siung bawang merah
-4 siung bawang putih
-1 ruas jahe
-1 ruas kunyit
-1 sendok teh ketumbar
-1 sendok teh gula
-garam secukupnya

Cara Membuatnya:
-Bersihkan ikan terlebih dahulu dari sisik dan kotorannya kemudian lumuri dengan garam dan air jeruk nipis diamkan selama 5-10 menit lalu goreng sampai matang, boleh sampai kering dan boleh tidak. Angkat dan tiriskan.
-Tumis bumbu halus sampai layu dan harum kemudian masukkan ikan wader yang sudah digoreng sebelumnya.
-Bila perlu bisa anda tambahkan sedikit air dan masak sampai matang serta bumbu meresap kedalam daging ikan.
nah itu dia cara membuat sambal ikan wader yang gurih dan yang pastinya sehat karena ikan ini mengandung banyak protein yang bisa mencerdaskan otak. makanan ini tidak cocok bagi orang yang mempunyai penyakit lambung karena akan ketagihan makan kuliner yang satu.tambahkan kerupuk untuk menambah kenikmatan dalam menyantap kuliner yang satu ini. di bawah ini ada resep untuk membuat kerupuk yang gurih namun juga sehat karena tidak menggunakan minyak goreng.anda bisa membuatnya di rumah untuk keluarga tercinta anda.

Post a Comment for "SAMBAL IKAN WADER KHAS MOJOKERTO | RESEP SAMBAL IKAN WADER MOJOKERTO | CARA MEMBUAT SAMBAL IKAN WADER KHAS MOJOKERTO"

close