Cara Membuat Mie Gomak Medan Sumatera Utara (Mie Khas Batak) yang Enak

kompilasitutorial.com ~ makanan khas dari batak medan sumatera utara yang selanjutnya adalah mie gomak. mie gomak merupakan olahan mie yang berasal dari batak toba dengan bahan dasar mie lidi. sejarah penamaan mie gomak sendiri adalah cara pembuatannya dengan cara di gomak gomak atau di genggam dengan tangan namun untuk saat ini sudah tidak memakai cara seperti itu. mie batak ini mendapat julukan spagetti batak. mie gomak sendiri mempunyai dua varian yaitu mie gomak basah / kuah dan mie gomak goreng. mie ini sangat cocok bagi anda yang suka kuliner mie, apalagi mie gomak ini mempunyai rasa pedas dan di pertegas cita rasanya dengan campuran rempah lainnya. untuk harganya terbilang sangat murah hanya 5 ribu rupiah anda bisa menikmati mie gomak ini, tinggal anda mau menikmati mie gomak kuah atau mie gomak goreng. untuk cara membuatnya cukup sederhana sekali, anda juga bisa membuatnya di rumah untuk sajian istimewa keluarga anda. untuk resepnya anda tidak perlu khawatir, di bawah ini sudah kami sediakan resep mie gomak kuah dan mie gomak goreng khas batak ini dan yang pastinya rasanya lebih nikmat karena di buat dengan cinta. simak yuk resepnya

Resep mie gomak kuah khas batak
Bahan-bahan:
-1/2 kg mie lidi
-Santan
-1 buah telur (optional)
-Daun bawang
-Garam

Bahan untuk ditumis :
-2 buah sayur labu / sawi / kol diiris sesuai selera. 
-3 siung bawang merah
-1 siung bawang putih

Bahan yang dihaluskan :
-15 buah cabe merah/rawit (sesuai selera)
-5 siung bawang merah
-1 siung bawang putih
-1 ruas ibu jari kunyit
-1 ruas ibu jari jahe

cara membuat mie gomak khas batak:
-Air kurang lebih 1 liter direbus sampe mendidih. Setelah mendidih, masukkan mie lidi. Sesekali aduk sampe mie nya matang (jangan lembek) . Setelah mie nya matang, angkat dan tiriskan mie. Cuci mie dengan air bersih. Air hasil rebusan jangan dibuang.
-Tumis bawang putih dan bawang merah sampai harum, kemudian masukkan sayur sampai layu dan matang, masukkan juga 1/2 sdm garam. Masukkan mie dan aduk sampai semua tercampur rata. Setelah masak, sisihkan ke dalam wadah untuk mie.

Untuk kuah :
-Tumis bahan yang dihaluskan dengan minyak secukupnya. Aduk sampai matang, kemudian masukkan air hasil rebusan mie dan 1 gelas air. Aduk aduk sampe mendidih, kemudian masukkan santan, daun bawang yang telah diiris iris dan telur. Masukkan juga garam secukupnya. Aduk aduk supaya santan tidak pecah. Koreksi rasa. Setelah mendidih, masukkan ke wadah.
-Mie gomak siap disajikan

Resep mie gomak goreng khas batak
Bahan-bahan:
-1/2 bungkus mie lidi
-1 ikat sawi hijau, potong-potong
-2 batang daun bawang
-2 batang daun sop
-Secukupnya Kecap manis
-Secukupnya kecap asin
-1/2 sdt garam
-1/2 sdt kaldu bubuk
-Pelengkap (ayam suir, telur, kerupuk, timun)

Bumbu halus:
-5 siung bawang merah
-3 siung bawang putih
-15 butir andaliman
-2 butir kemiri
-1 sdt udang ebi (optional)
-10 buah cabe rawit (sesuai selera)
-5 buah cabe keriting

Cara membuat mie gomak goreng khas batak:
-Rebus mie lidi dalam air mendidih yang banyak karena mie lidi menyerap banyak air dan merebusnya agak lebih lama dari merebus mie telur biasa. Setelah matang, saring dan sisihkan. sisihkan 
-Tumis bumbu halus hingga wangi, sisihkan dipinggir wajan lalu masukkan telur sambil diorak arik. Setelah telur matang masukkan sawi aduk hingga layu.
-Masukkan mie lidi yang sudah direbus kedalam wajan, lalu tambahkan garam, kaldu bubuk, kecap manis dan kecap asin. Aduk hingga rata. Apabila agak kering boleh ditambahkan sedikit air. Setelah rata, tes rasa. 
-Matikan api lalu mie gomak siap dihidangkan dengan pelengkap yang ada

0 komentar:

Post a Comment

silahkan di share